PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN MAHASISWA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA ANGKATAN 2004-2006)

UNSPECIFIED (2008) PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN MAHASISWA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA ANGKATAN 2004-2006). .

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (650kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB. I.pdf

Download (13MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tipe kepribadian mahasiswa terhadap prestasi akademik di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh tipe kepribadian mahasiswa terhadap prestasi akademik di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah 60 dari 287 mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FAI UMY) angkatan 2004-2006 yang dipilih secara random. Sedangkan metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode angket kepribadian guna memperoleh data tipe kepribadian mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, sedangkan untuk memperoleh data Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta peneliti menggunakan metode dokumentasi. Dan untuk memverifikasi data serta memperkuat hasil analisis maka peneliti melakukan wawancara kepada beberapa responden. Penelitian ini di analisis secara manual dengan menggunakan teknik korelasi point serial. Data penelitian ini diperoleh melalui 2 instrumen ukur yaitu kuesioner tipe kepribadian dan IPK. Hasil dari penelitian ini yaitu rata-rata prestasi akademik mahasiswa bertipe kepribadian ekstrovert 3,021 dan rata-rata prestasi akademik mahasiswa bertipe kepribadian introvert 2,81. Dari tekhnik korelasi diperoleh hasil t 1,802. Berdasarkan hasil analisis tersebut hipotcsis penelitian tidak diterima pada taraf signifikansi 1% atau 5%. Untuk memperkuat hasil analisis peneliti juga melakukan analisis kembali dengan menggunakan rumus product moment yang dilakukan melalui program SPSS. Dari hasil tersebut menunjukkan ro (114), dengan hasil tersebut juga menunjukkan tidak ada pengaruh tipe kepribadian mahasiswa terhadap prestasi akademik di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Dari hasil wawancara serta beberapa data-data kualitatif yang berkaitan dengan penelitian ini , maka diketahui bahwa dalam pencapaian prestasi bclajar akademik faktor internal yang sangat berpengaruh adalah pengaruh intelegensi, motivasi, sikap, serta emosi. Individu yang memiliki kecerdasan intelegensi yang tinggi akan mempunyai kesempatan yang besar untuk mendapatkan prestasi akademik yang baik.

Item Type: Patent
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 16 Dec 2023 04:21
Last Modified: 16 Dec 2023 04:21
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43038

Actions (login required)

View Item
View Item