SARTIKA DEWIANA (2017) ANALISIS KONDISI KERUSAKAN JALAN PADA LAPIS PERMUKAAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDIRION INDEX (PCI) (STUDI KASUS : RUAS JALAN SENDANGSARI DAN RUAS JALAN TRIWIDADI, PAJANGAN, BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA STA. 18+000-22+000). S1 thesis, UNSPECIFIED.
PENDAHULUAN.pdf
Download (3MB)
INTISARI.pdf
Download (446kB)
BAB. I.pdf
Download (1MB)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (17MB)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
BAB. VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (413kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (49MB)
Abstract
Kerusakan jalan yang ada di Indonesia merupakan permasalahan rutin yang harus dihadapi setiap tahunnya. Program pemeliharaan jalan yang dilakukan selama ini dinilai tidak mampu menyelesaikan masalah kerusakkan konstruksi jalan yang lebih cepat dari umur rencana. Kerusakkan jalan yang terjadi semakin cepat karena jalan terbebani melebihi Icapasitas perencanaannya. Kerusakkan jalan mengakibatkan ekonomi biaya tinggi, karena waktu tempuh yang lebih lama dan kendaraan juga lebih cepat rusak. Selain itu pertambahan penduduk dan kemakmuran menjadi salah satu penyebab meningkatnya kecelakaan lalu lintas di jalan karena semakin banyaknya orang yang berpergian namun tidak berbanding lurus dengan kesadaran masyarakat atas pentingnya pembayaran pajak, hal ini sebanding dengan kurangnya pelayanan pemerintah dalam mengelola sarana umum yang pada kasus ini merupakan pemeliharaan jalan. Dalam metode Pavement Condition Index ini merupakan indeks numerik yang nilainya berkisar diantara 0 sampai 100. Nilai 0 menunjukan perkerasan dalam kondisi sangat rusak, dan nilai 100 menunjukan perkerasan dalam kondisi sangat bagus. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata kerusakan pada ruas jalan Sendangsari dan Triwidadi, Bantul Km. 18+000 s/d 22+000 antara lain : Retak Buaya (10.20 %), Kegemukan (1.05 %), Cekungan (9.14 %), Amblas (7.6 %), Retak Pinggir (8.17 %), Retak Sambung (3.4 ), Retak Memanjang/Melintang (8.34 %), Tambalan (1.40 %), Pengausan Agregat (2.00 %), Lubang (44.8 %), Alur (0.4 %), Sungkur (0.48 %), Patah Slip (1.19 %), Mengembang Jembul (0.29 %), Pelepasan Butir (0.17 %) dengan nilai PCI rata-rata yaitu 58.7 %.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Types of Damage, Road Damage, PCI Method |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 01:45 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 01:45 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43044 |