SUBANDRIYO (2012) PELAKSANAAN DAN PROBLEMATIKA KURIKULUM MUATAN LOKAL KEPESANTRENAN DI SMK DARUL QUR'AN WONOSARI. S1 thesis, UNSPECIFIED.
PENDAHULUAN.pdf
Download (3MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (313kB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (560kB)
BAB. I.pdf
Download (13MB)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum kepesantrenan sebagai pelajaran muatan lokal di SMK Darul Qur'an, dan untuk mengetahui problematika dalam pelaksanaannya Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kwalitatif, dengan melaksanakan observasi, interview, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan muatan lokal kepesantrenan dalam pembelajarannya meliputi tatanan manajemen proses yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pelaksanaan kurikulum muatan lokal kepesantrenan terdiri dari tiga kelompok Kelompok I ( kelompok kitab ) Kelompok kitab adalah kelompok siswa/santri SMK Darul Qur'an yang khusus mempelajari dan menghafal kitab, Kelompok II (kelompok tahfidz) Kelompok tahfidz adalah sekolmpok siswa/santri SMK Darul Qur'an yang khusus mempelajari dan menghafal Al Qur'an, Kelompok III ( kelompok siswa luar pesantren ) Kelompok ini merupakan siswa namun bukan santri di pondok pesantren yang di pilih oleh pihak SMIC Darul Qur'an, untuk mengikuti pelajaran muatan lokal pesholatan, Aurot atau wirid sesudah sholat, dan Tahlil. Problematika dalam pelaksanaan kurikulum muatan lokal kepesantrenan yang diterapkan antara lain pembelajaran secara klasikal dengan sistem akselerasi, sehingga anak kurang memahami muatan lokal kitab dan tahfidz karena dua muatan lokal tersebut memerlukan pemahaman dan ketelitian. Problematika yang lain adalah adanya muatan lokal kepesantrenan kelompok 11I yaitu materi untuk siswa diluar sekolah, problematika yang terjadi dari segi penekanan materi, dan penilaian yang tidak seimbang /p&olehan nilai yang tidak sama bobotnya. Pelaksanaan kurikulum di SMK Darul Qur'an sebaiknya tidak ada perbedaan dari Pondok Pesantren maupun dari luar Pondok Pesantren. Sehingga tujuan SMK Darul Qur'an sebagai bagian dari Pondok Pesantren Darul Qur'an Wal Irsyad akan tercapai.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problems, Curriculum, Local Content, Islamic Boarding Schools, Vocational Schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 06:12 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 06:12 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43049 |