Muhammad Rizal Fadli (2021) Studi Perilaku Dinamis Struktur Jembatan Gantung Pejalan Kaki Akibat Beban Manusia Bergerak (Studi Kasus : Jembatan Pejalan Kaki Bendung Prafi). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (489kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (275kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11kB)
Bab I.pdf
Download (97kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (614kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (17kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (145kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (504kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (732kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
<p>Dalam Standar Nasional Indonesia (SNI) telah menjelaskan tentang perencanaan desain sturktur jembatan, namun belum dijelaskan pengaruh beban dinamis manusia berjalan terhadap jembatan penyeberangan orang. Dalam SNI hanya menjelaskan bahwa beban hidup sebagai beban statik bukan beban dinamis. Oleh karena itu, studi ini meneliti tentang pengaruh beban dinamis manusia berjalan pada struktur jembatan gantung pejalan kaki yang memberikan perilaku dinamis sturktur. Studi ini bertujuan untuk mengetahui perilaku dinamis struktur jembatan gantung pejalan kaki akibat beban manusia bergerak. Beban manusia berjalan dimodelkan secara matematis dengan menggunakan persamaan yang diperoleh dari studi literatur dan kemudian dimodelkan dengan metode analisis riwayat waktu dengan bantuan program <em>SAP2000</em>. Dalam studi ini model beban dinamis manusia berjalan adalah beban manusia berjalan berkelompok. Setelah memodelkan pembebanan kemudian analisis dilakukan secara dinamis sehingga diperoleh reaksi struktur yang ditunjukkan dengan getaran arah horizontal dan arah vertikal. Dari hasil analisis struktur diperoleh mode pertama dari analisis struktur jembatan gantung pejalan kaki didominasi oleh arah horizontal dengan nilai frekuensi alami sebesar 0,62424 Hz, dan berdasarkan peraturan BS EN ISO 8041:2005 hasil tersebut tidak memenuhi ketentuan dan struktur perlu diperiksa kembali kemampuan struktur dalam menerima getaran jika diberikan beban dinamis. Tetapi pada jarak tertentu memiliki perbandingan frekuensi dinamis dan frekuensi alami lebih besar dari 0,5 sehingga memiliki potensi resonansi pada struktur. Lendutan maksimum yang terjadi pada struktur jembatan akibat beban hidup merata sebesar 500 kg/m<sup>2</sup> adalah -1,9937 m, sedangkan lendutan maksimum akibat beban manusia berjalan berkelompok adalah -0,167336 m pada waktu tempuh 13 s. Kedua nilai lendutan tersebut masih lebih rendah jika dibandingkan dengan nilai lendutan izin struktur jembatan yaitu sebesar 0,5 m.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 03:27 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 03:27 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4305 |