DAMPAK MODEL BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN MUALLAF DI PUSAT REHABILITASI AQIDAH FORUM ARIMATEA

TRI SUSILO SIGIT SUJARWO (2017) DAMPAK MODEL BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN MUALLAF DI PUSAT REHABILITASI AQIDAH FORUM ARIMATEA. S2 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
b. JUDUL, KATA PENGANTAR DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
c. PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
d. ABSTRAK.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
e. BAB I.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
f. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
g. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
h. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
i. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
j. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
l. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
k. Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui model bimbingan dan konseling Islam terhadap muallaf pada masa sebelum dan sesudah melakukan konversi agama; (2) mengetahui dampak dari bimbingan dan konseling Islam terhadap perilaku keagamaan muallaf di Pusat Rehabilitasi Aqidah Forum ARIMATEA.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun lokasi yang peneliti pilih adalah Pusat Rehabilitasi Aqidah Forum ARIMATEA yang beralamat di komplek Pondok Pesantren Al Hadid Karangmojo Kapubaten Gunung Kidul Popinsi DIY. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan dalam penelitian ini, dapat peneliti simpulkan: (1) model bimbingan konseling Islam terhadap muallaf berasrama dan dimulai sejak pra konversi sampai pasca konversi agama. Bimbingan konseling Islam pra konversi dibedakan antara muallaf khusus dan muallaf umum sedangkan yang menjadi fokus bimbingan dan konseling Islam pra konversi adalah materi pengenalan Islam dasar dan perbandingan agama. Materi bimbingan dan konseling Islam pasca konversi dilaksanakan di dalam kelas dengan difokuskan pada materi keislaman yang terdiri dari materi aqidah, ibadah praktis, baca Qur’an dan dialog perbandingan agama selain materi keislaman, muallaf juga mendapatkan materi tentang wirausaha untuk kemandirian ekonomi sedangkan muallaf yang perlu konseling karena berbagai faktor psikologis akibat melakukan konversi agama didampingi secara individual, (2) bahwa dampak dari bimbingan dan konseling Islam terhadap muallaf yang dilakukan oleh Pusat Rehabilitasi Aqidah Forum ARIMATEA berdampak positip terhadap perilaku keagamaan muallaf, karena dilakukan secara profesional dan dengan hati yang ikhlas sehingga membantu muallaf untuk bisa melaksanakan kewajibannya sebagai seorang muslim yang bertaqwa mampu hidup secara mandiri dan bermanfaat bagi sesama.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model Islamic Guidance and Counseling, Religious Behavior, Muallaf and the impact of religious conversion
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 19 Dec 2023 03:33
Last Modified: 19 Dec 2023 03:33
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43058

Actions (login required)

View Item
View Item