ADITYA PUTERA ADIGUNA (2020) PENYELENGGARAAN LAYANAN PUBLIK BIDANG KESEHATAN BERBASIS BEST PRACTICE (STUDI PADA PROGRAM INOVASI "LAYAD RAWAT" DI KOTA BANDUNG 2017-2018). S2 thesis, UNSPECIFIED.
2. Halaman Judul.pdf
Download (5MB)
3. Halaman Pengesahan.pdf
Download (1MB)
4. Abstrak.pdf
Download (849kB)
5. BAB I.pdf
Download (274kB)
6. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (554kB)
7. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (235kB)
8. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (760kB)
9. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
10. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (282kB)
11. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (233kB)
12. Naskah Publikasi Aditya.pdf
Restricted to Registered users only
Download (629kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya Pemerintah Kota Bandung dakam memperbaiki kualitas pelayanan kesehatan yang selama ini dilakukan secara konvensional, yaitu warga harus mendatangi fasilitas kesehatan terlebih dahulu agar dilayani. Permasalahan sebuah kota khususnya Kota Bandung sudah terbilang sangat kompleks sehingga solusi-solusi konvensional seringkali tidak dapat untuk mengatasi permasalahan dalam pelayanan kesehatan, maka diperlukan solusi-solusi yang lebih inovatif untuk menyelesaikan permasalahan layanan kesehatan di Kota Bandung. Suatu inovasi diperlukan sebagai suatu upaya pemerintah dalam mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di daerahnya. Inovasi tersebut bernama Layad Rawat. Melalui program ini, dapat dikatakan sebagai upaya Kota Bandung dalam meningkatkan pelayanan kesehatan dan memfasilitasi kebutuhan terkait dengan kesehatan masyarakat. Teknik pengambilan data, dilakukan dengan cara wawancara mendalam (deep interview) kepada Dinas Kesehatan dan UPT P2KT Kota Bandung, dokumen tertulis berupa peraturan-peraturan resmi, arsip, dan dokumentasi gambar. Hasil penelitian menunjukan bahwa program Layad Rawat sesuai dengan kriteria Best Practice, dilihat dari dampak kemunculan Layad Rawat, terciptanya kemitraan yang dilakukan dengan berbagai sektor swasta, peran kepala daerah yang sangat pro terhadap program, keadilan dan kesamaan hak bagi semua warga untuk mengakses layanan, keberlanjutan, serta kemudahan untuk diadopsi oleh daerah lain. Melalui Layad Rawat, masyarakat Kota Bandung tidak lagi mengalami kesulitan untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan. Dengan hanya memanggil Call Center, maka warga tersebut akan segera ditangani oleh tim medis yang terdiri dari Puskesmas dan UPT P2KT Kota Bandung. Praktik inovasi Layad Rawat dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Kota Bandung merupakan solusi terbaik dalam menjawab permasalahan yang dirasakan masyarakat.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Innovation, Health Service, Layad Rawat |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Pemerintahan S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 19 Dec 2023 08:52 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 08:52 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43071 |