GUMELAR NANGGALI (2023) PENGARUH E-COMMERCE DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA USAHA (STUDI PADA UMKM DI KABUPATEN BANTUL). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (919kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (202kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11kB)
Bab I.pdf
Download (98kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (181kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (131kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (649kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (24kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (97kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (522kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (776kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-commerce, dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing dan kinerja usaha pada UMKM kerajinan di kabupaten Bantul.perkembangan dan kemajuan teknologi membuat pelaku usaha juga harus mengikuti perkembangnnya dan terus melakukan inovasi, e-commerce merupakan fasilitas yang tersedia membuat pelaku usaha memiliki kesempatan untuk meningkatkan usahanya. Dari mulai kemudahan untuk mengakses hingga jangkauan yang lebih luas membuat e-commerce menjadi daya Tarik bagi pelaku usaha.Penerapan e-commerce dan melakuka inovasi inovasiproduk banyak digunakan sebagai referensi pelaku usaha di Indonesia untuk meningkatkan keunggulan bersaing dan kinerja usaha.Pada penelitian ini data dikumpulkan dari 262 responden terpilih yang memiliki UMKM kerajinan di kabupaten bantul.Teknik yang ditentukan dalam pengambilan sampel yaitu menggunakan non probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling serta menyebarkan kuesioner menggunakan Google Forms. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan program aplikasi AMOS 22.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dan berpengaruh positif terhadap kinerja usaha namun tidak signifikan.Inovasi produk memiliki pengaruh negatifnamun tidak signifikan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja usaha.Keunggulan bersaing berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap knerja usaha.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-commerce, Product Innovation, Competitive Advantage, Business Performance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 07:45 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 07:45 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43119 |