ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN DI KLINIK PRATAMA PKU MUHAMMADIYAH CANGKRINGAN

ZAKARIA (2017) ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN DI KLINIK PRATAMA PKU MUHAMMADIYAH CANGKRINGAN. S2 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (499kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)

Abstract

Latar Belakang: Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Cangkringan adalah badan usaha milik yayasan muhammadiyah yang berdiri sejak tanggal 3 September 2007. Permasalahan manajemen, keuangan dan sumber daya manusia masih menjadi pekerjaan pengurus dan pengelola Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Cangkringan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran di Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Cangkringan.
Metode: jenis penelitian ini adalah studi komparasi dengan pendekatan mixed methods research, yaitu penelitian gabungan kualitatif dan kuantitatif. Subyek pada penelitian kualitatif menggunakan purposive sampling, yaitu pimpinan staf manajemen klinik yang berjumlah 5 informan. Sedangkan untuk metode kuantitatif menggunakan total sampling, yaitu seluruh staf manajemen Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Cangkringan.
Hasil dan pembahasan: Data kualitatif: diproleh hasil analisis lingkungan internal dengan kekuatan terdiri dari fasilitas pelayanan, kemampuan sumber daya manusia, promosi dan penetapan tarif serta kelemahan yang meliputi sarana dan prasarana yang belum lengkap, kurangnya sumber daya manusia, manajemen organisasi dan keuangan belum terkelola dengan baik. Sedangkan analisis lingkungan eksternal memiliki peluang dari segi kebutuhan masyarakat, pelayanan 24 jam, pengembangan klinik dan kerjasama BPJS serta ancaman yang meliputi letak rawan bencana, dokter sering kosong, pendapatan masih minimal dan adanya pesaing. Data kuantitatif: diproleh hasil scoring IFE adalah 0,18 dan scoring EFE adalah 0,02. Dengan begitu posisi Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Cangkringan berada pada kuadran 1, yang merupakan situasi yang sangat menguntungkan dimana Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Cangkringan memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang tepat untuk diterapkan adalah strategi bertumbuh (growth oriented strategy).
Kesimpulan: rumusan strategi pemasaran yang tepat pada Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Cangkringan adalah strategi bertumbuh (growth oriented strategy), dimana Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Cangkringan memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SWOT analysis, marketing strategy.
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 23 Dec 2023 05:45
Last Modified: 23 Dec 2023 05:45
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43154

Actions (login required)

View Item
View Item