RADEN WISNU BROTO (2018) PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI KEPANDUAN HIZBUL WATHAN (STUDI TERHADAP IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM PENGENAL TINGKAT PURWA KEPANDUAN HIZBUL WATHAN DI SMP MUHAMMADIYAH SE KULON PROGO). S2 thesis, UNSPECIFIED.
Judul.pdf
Download (273kB)
HALAMANN PENGESAHAN.pdf
Download (485kB)
ABSTRAK.pdf
Download (161kB)
BAB I.pdf
Download (297kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (257kB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (233kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (381kB)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (161kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (150kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (818kB)
jurnal publish.pdf
Restricted to Registered users only
Download (172kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui mengapa terdapat perbedaan dalam memahami kurikulum pengenal tingkat purwa kepanduan Hizbul Wathan di SMP Muhammadiyah se Kulon Progo; (2) mengetahui implementasi manajemen kurikulum pengenal tingkat purwa kepanduan Hizbul Wathan dalam membentuk karakter peserta didik SMP Muhammadiyah se Kulon Progo; (3) bagaimana efektifitas pembentukan karakter peserta didik pengenal tingkat purwa kepanduan Hizbul Wathan di SMP Muhammadiyah se Kulon Progo yang berkaitan dengan karakter peserta didik.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMP Muhammadiyah se Kulon Progo di bawah naungan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Kulon Progo. Teknik pengumpulan data, penulis menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara/interview, dan trianggulasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, model data/data display, penarikan/ verifikasi kesimpulan.
Kesimpulan penelitian: (1) Perbedaan dalam memahami kurikulum pengenal tingkat Purwa kepanduan Hizbul Wathan di SMP Muhammadiyah se Kulon Progo disebabkan: a. Letak geografis masing-masing daerah sehingga kurikulum menyesuaikan dengan situasi dan kondisi daerah peserta didik. b. Ketidaktahuan kurikulum yang dipakai dalam kegiatan kepanduan Hizbul Wathan. c. Kurangnya sosialisasi dari kwartir pusat ke kwartir wilayah, kwartir daerah, kwartir cabang dan qobilah. d. Kurang aktifnya qobilah/pembina kepanduan Hizbul Wathan dalam mencari informasi tentang kurikulum. (2) Implementasi manajemen kurikulum pengenal tingkat purwa kepanduan Hizbul Wathan dalam membentuk karakter peserta didik kelas tujuh SMP Muhammadiyah se Kulon Progo disusun berdasarkan penjabaran visi misi kepanduan Hizbul Wathan di sekolah masing-masing dan mengacu pada materi pendidikan karakter tanpa mengikuti kurikulum dari kwartir pusat. (3) Pembentukan karakter peserta didik pengenal tingkat purwa kepanduan Hizbul Wathan di SMP Muhammadiyah se Kulon Progo berjalan efektif. Hasilnya peserta didik mampu merubah sikap/kepribadiannya menjadi baik. Tolak ukur keberhasilan pembentukan karakter yang tertulis dalam Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk tahun pelajaran 2017/2018 semester genap adalah “memuaskan” maksudnya peserta didik pengenal tingkat purwa di dalam ujian memperoleh nilai A, B, atau C walaupun nilai yang diperoleh tidak mengacu sepenuhnya pada syarat kenaikan tingkat pengenal tingkat purwa.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | character development, students, Hizbul Wathan scouting, curriculum implementation |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 23 Dec 2023 07:08 |
Last Modified: | 23 Dec 2023 07:08 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43161 |