PENGARUH KETELADANAN ORANG TUA DAN PEMAHAMAN BALIQ TERHADAP KEDISIPLINAN MELAKSANAKAN SHALAT 5 WAKTU PADA SISWA BALIQ SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI YOGYAKARTA

ANI SULISTYANINGSIH (2018) PENGARUH KETELADANAN ORANG TUA DAN PEMAHAMAN BALIQ TERHADAP KEDISIPLINAN MELAKSANAKAN SHALAT 5 WAKTU PADA SISWA BALIQ SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI YOGYAKARTA. S2 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
2) Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
3) Halaman Pengesahan Ani S.pdf

Download (515kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan utuk (1) Mengetahui pengaruh antara keteladanan orang tua (X1) terhadap kedisiplinan melaksanakan shalat 5 waktu (Y) siswa kelas VI SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta; (2) Mengetahui pengaruh antara pemahaman baligh (X2) terhadap kedisiplinan melaksnakan shalat 5 waktu (Y) siswa kelas VI SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta; (3) Mengetahui pengaruh keteladanan orang tua (X 1) dan pemahaman baligh (X2) terhadap kedisiplinan melaksanakan shalat 5 waktu (Y) siswa kelas VI SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif korelatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI Tahun Ajaran 2017/2018 sejumlah 156 yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampling dilakukan dengan cara cluster sampling, yaitu cara mengambil subjek berdasarkan pada kelompok siswa yang sudah baligh sebanyak 57 siswa. Lokasi penelitian adalah SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, tes, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keampuhan instrumen data dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Persyaratan analisis dengan menggunakan uji normalitas sebaran dengan rumus Chi Square, uji linieritas data menggunakan rumus uji F, untuk analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan keteladanan orang tua terhadap kedisiplinan dalam melaksanakan shalat 5 waktu siswa kelas VI SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta. Hal ini dapat dilihat dari perolehan perhitungan terhitung lebih besar daripada tabel (5.348 > 4.02). (2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan pemahaman baligh terhadap kedisiplinan melaksanakan shalat 5 waktu. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan t -hitung lebih kecil daripada t -tabel (1.10 < 4.02). (3) Terdapat pengaruh yang signifikan keteladanan orang tua dan pemahaman baligh terhadap kedisiplinan melaksanakan shalat 5 waktu. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan t -hitung lebih besar daripada t -tabel (15.490 > 3.17). Sumbangan Efektif keteladanan orang tua dan pemahaman baligh secara bersama terhadap kedisiplinan melaksanakan shalat 5 waktu sebesar SE 36,44% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Parents' Role Model, Understanding on Baligh, Prayer Discipline
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 26 Dec 2023 04:30
Last Modified: 26 Dec 2023 04:30
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43175

Actions (login required)

View Item
View Item