EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR'AN DI PONDOK PESANTREN AL-FALAHIYYAH MLANGI, NOGOTIRTO, GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA

FEMALIA RAHMAWATI (2018) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR'AN DI PONDOK PESANTREN AL-FALAHIYYAH MLANGI, NOGOTIRTO, GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
PENDAHULUAN.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (854kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB. I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB.III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB.IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB.V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran tahfidz al-Qur'an di pondok pesantren Al-Falahiyyah Mlangi, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta dengan model CIPP yakni Context, Input, Process, Product pada program Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Mixed Methoddan jenis penelitiannya adalah ex post facto. Subyek penelitiannya adalah Pemimpin, Guru, dan Santri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data kualitatif yang digunakan pada penelitian yaitu teori dari Milles dan Hubermen diantaranya mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan Analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif yakni tampilan grafis data berupa diagram batang Hasil penelitian ini adalah : (1) Dalam segi context program pembelajaran tahfidz di pondok pesantren Al-Falahiyyah berada dalam kategori baik. (2) Dalam segi Input (masukan) program pembelajaran tahfidz di pondok pesantren Al-Falahiyyah berada dalam kategori cukup baik. (3) Dalam segi process program pembelajaran tahfidz di pondok pesantren Al-Falahiyyah berada dalam kategori cukup baik. (4) Dalam segi product dari data diagram batang yang disajikan dari segi tajwid dan makhraj baik, dari segi mengartikan dan menyimpulkan makna Al-Qur'an kurang baik, namun dari segi juz hafalan banyak lulusan pondok Al-Falahiyyah menghafalkan 30 juz. setiap 2 tahun sekali meluluskan hafidz/hafidzah . sehingga keberhasilan program ini penilaiannya dalam kategori cukup baik. Secara keseluruhan penilaian terhapadap program pembelajaran tahfidz di pondok pesantren Al-Falahiyyah berada dalam kategori Cukup Baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Evaluation Program, Tahfidz Al-Qur'an Learning
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 30 Dec 2023 05:44
Last Modified: 30 Dec 2023 05:44
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43186

Actions (login required)

View Item
View Item