Suzad Miko Sembiring (2020) DESAIN ELEVATOR PADA TANGGA UNTUK PENGGUNA BERKEBUTUHAN KHUSUS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
PENDAHULUAN.pdf
Download (5MB)
PENDAHULUAN-3 (3).pdf
Restricted to Registered users only
Download (440kB)
INTISARI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
BAB. I.pdf
Download (2MB)
BAB. II A-digabungkan (5).pdf
Restricted to Registered users only
Download (12MB)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
BAB. IV A-digabungkan (6).pdf
Restricted to Registered users only
Download (23MB)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (786kB)
LAMPIRAN A-digabungkan (4).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (25MB)
Abstract
Dinamika optimalisasi aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, orang sakit dan lansia pada ruang publik masih menjadi pekerjaan rumah yang belum terselesaikan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Upaya yang sudah dilakukan antara lain disediakannya ramp dan elevator vertikal pada beberapa fasilitas publik, namun bagi fasilitas pendidikan, ruang publik dan kantor pemerintah yang mempunyai gedung dengan luasan terbatas, penambahan elevator dirasa sulit untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain elevator pada tangga bagi pengguna berkebutuhan khusus yang sesuai untuk gedung dengan luasan terbatas menggunakan software Autodesk Inventor Professional 2019, mengetahui kerja sistem pengggerak dan menganalisa kekuatan dari elevator pada tahap desain. Pada perancangan ini terdapat beberapa komponen utama yakni rel pemandu, kereta pemandu peron, hand rest, pengaman dan penggerak. Proses desain dilakukan dengan mendesain komponen satu persatu kemudian digabungkan (assembly) dan proses terakhir yakni analisa menggunakan software Autodesk Inventor Professional 2019. Dari hasil pendesainan, diketahui jarak dari permukaan peron dengan permukaan hand rest tube adalah 674 mm, sehingga lebar tangga perlu diperhatikan. Sistem kerja penggerak yang relevan digunakan adalah dengan menggunakan motor listrik berdaya 1.4 kw dengan putaran 1750 rpm yang terintegrasi dengan gigi reduksi. Hasil perhitungan yang dilakukan pada pemilihan tali kawat baja adalah aman karena nilai tali maksimum dari pembebanan adalah 357.142 kg dan tegangan tali yang terhitung adalah 872.72 kg. Safety factor komponen bantalan gelinding pada pemandu peron adalah 0.15, pada hand rest 0.73, dan pada bushing 0.39.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 06:36 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 06:36 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43207 |