PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PASIEN MENGGUNAKAN JASA RAWAT INAP RUMAH SAKIT KHUSUS BEDAH SINDUADI

HANUNG WIJAYA (2015) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PASIEN MENGGUNAKAN JASA RAWAT INAP RUMAH SAKIT KHUSUS BEDAH SINDUADI. S2 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
INTISARI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB. I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang: Upaya yang dapat dilakukan manajemen Rumah Sakit Khusus Bedah (RSKB) Sinduadi untuk meningkatkan jumlah pasien rawat inap salah satunya dengan promosi kepada masyarakat. Strategi pemasaran yang tepat dan dapat meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit pada akhimya dapat mempengaruhi keputusan pasien untuk menggunakan jasa layanan kesehatan. Tujuan: Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran (product, price, promotion, place, proses, people, dan physical evidence) terhadap keputusan pasien menggtmakan jasa rawat inap RSKB Sinduadi. Metode: Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deksriptif kuantitatif, dimana data diperoleh dari sampel populasi penelitian kemudian dianalisis sesuai dengan metode statistik yang digunakan kemudian diinterpretasikan. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 84 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling secara acak sederhana (random sampling). Analisis data menggunakan uji regresi berganda. Hasil: Bauran pemasaran product, price, place, promotion, people, proses, physical evidence memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pasien menggunakan jasa rawat inap RSKB Sinduadi (P<0.05). Bauran pemasaran proses merupakan variabel bauran pemasaran yang paling berpengaruh terhadap terhadap keputusan pasien menggunakan jasa rawat inap RSKB Sinduadi dengan nilai pengaruh 0,256. Manajemen proses ini melibatkan unsur orang yang merupakan salah satu unsur bauran pemasaran, sehingga kedua bauran ini saling berinteraksi terutama dalam layanan konsumen. Apabila proses dalam penyampaian produk tidak diperhatikan, misalnya menyediakan permintaan tidak sesuai waktu yang ditetapkan, lambat dalam melakukan transaksi, maka akan mengakibatkan tidak puasnya pasien dan akan mempengaruhi keputusan pasien dalam menggunakan jasa rawat inap RSKB Sinduadi. Kesimpulan: Bauran pemasaran product, price, place, promotion, people, proses, physical evidence memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pasien menggunakan jasa rawat inap RSKB Sinduadi. Bauran pemasaran yang paling berpenganth terhadap terhadap keputusan pasien menggunakan jasa rawat inap RSKB Sinduadi ialah bauran pemasaran proses.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: marketing mix, intention to use, inpatient services
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 05 Jan 2024 01:52
Last Modified: 05 Jan 2024 01:52
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43217

Actions (login required)

View Item
View Item