RATIH AYUNINGTIYAS (2011) EVALUASI SIKAP PASIEN RAWAT INAP KELAS I DAN VIP/VVIP TERHADAP RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH SRUWENG. S2 thesis, UNSPECIFIED.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (3MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (615kB)
INTISARI.pdf
Download (1MB)
BAB. I.pdf
Download (3MB)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (21MB)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (693kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (801kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstract
Latar Belakang: Rumah Sakit (RS) Muhammadiyah Sruweng adalah merupakan Rumah Sakit swasta milik Persyarikatan Muhammadiyah yang terletak di Kabupaten Kebumen Jawa Tengah yang saat ini sedang giat-giatnya mengembangkan diri. Bed Occupation Rate (BOR) selama tahun 2008 dan 2009 berkisar antara 71,72% sampai 78,82%. Meskipun berdasarkan indikator layanan inap kinerja RS Muhammadiyah Sruweng sudah tergolong baik, tetapi tetap perlu dilakukan evaluasi terhadap sikap pasien, terutama pasien kelas I dan VIPNVIP karena pada dasarnya mereka memiliki kemampuan untuk memilih RS lainnya sebagai tempat perawatan kesehatan mereka. Tujuan penelitian: Menganalisi sikap pasien terhadap RS Muhammadiyah Sruweng melalui atribut-atribut yang melekat pada kelas I dan VIP/VVIP, mengetahui perbedaan atribut yang dominan pada masing-masing karakteristik untuk masing-masing variabel serta mengetahui atribut yang dominan dan atribut yang memerlukan perbaikan.
Metode: Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Populasi adalah seluruh pasien rawat inap kelas I dan VIP/VVIP di Rumah Sakit Muhammadiyah Sruweng yang memenuhi kriteria inklusi. Besar sampel yang didapat sebanyak 100 orang. Desain pengambilan sampel adalah purposive sampling. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien kelas I dan VIPNVIP memiliki nilai sikap 140,05 sedangkan nilai tertinggi untuk sikap adalah 175,00. Terdapat perbedaan atribut yang mendapatkan nilai positif terbesar dari masing-masing karakteristik untuk variabel keyakinan dan variabel evaluasi. Kemudian nilai sikap dari atribut-atribut yang berperan secara dominan dari yang tertinggi ke terendah adalah pelayanan yang islami (21,76), lolcasi yang strategis (21,30), pelayanan yang ramah (20,07), kamar yang bersih (19,71), fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai (19,62), bangunan RS yang nyaman (19,40) dan penanganan yang cepat (18,19). Kesimpulan: Pasien rawat inap kelas I dan VIP/VVIP memiliki sikap positif terhadap RS Muhammadiyah Sruweng.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Patient Attitudes, Muhammadiyah Hospital of Sruweng |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 07:29 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 07:29 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43228 |