Mukhlis (2020) STRATEGI KOMUNIKASI GURU PENDIDIKAN AGAMA DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJALARAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNA NETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (561kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (54kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (147kB)
Bab I.pdf
Download (275kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (636kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (272kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (767kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (261kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (262kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (598kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi dan hambatan-hambatan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan pembelajaran agama Islam pada siswa tunanetra di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta. Subyek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam, dan dua orang peserta didik. Data diperoleh melalui teknik mengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan oleh guru lebih didominasi oleh komunikasi verbal. Sehingga komunikasi nonverbal hanya digunakan sebagai pelengkap saja, seperti menggunakan gerak tubuh, sentuhan sebagai tanda kasih sayang, cara duduk, dan cara berjalan yang merupakan bagian dari komuniaksi nonverbal.
Hambatan-hambatan komunikasi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan pembelajaran agama Islam terdapat 3 (tiga) hambatan. Pertama hambatan yang dialami oleh guru itu sendiri, kedua hambatan yang dialami oleh siswa dan yang ketiga hambatan penggunaan fasilitas.h
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 02:05 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 02:07 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/433 |