ERWIN SANTOSA (2023) PEMBUATAN ASSET 2D GRAFIS PADA GAME CHESSBOMB. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (685kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (853kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Catur merupakan salah satu permainan klasik yang dikategorikan sebagai board game. Permainan catur menggunakan peraturan lama yang ditetapkan pada abad ke-15. Perkembangan game catur telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya yaitu dengan melakukan inisiatif untuk membuat sebuah game catur yang dikombinasikan dengan game bomberman yang diberi nama ChessBomb. Perkembangan berlanjut pada tahap pembuatan menggunakan framework flutter dengan menggunakan GDD (Game Design Document) dan SRS (Software Requirement Specification) game ChessBomb berhasil dibuat dalam bentuk digital. Namun peneliti sebelumnya hanya berfokus pada gameplay, dan belum ada tindak lanjut masalah aesthetics pada sebuah asset game.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan asset 2D grafis gameplay yang kemudian diimplementasikan pada kodingan flutter tanpa mengalami error. Manfaat dari penelitian ini menghasilkan asset 2D grafis yang dapat digunakan untuk keperluan asset pada game chessbomb. Dalam pembuatan asset tersebut ada beberapa tahap yang dilakukan, penulis meninjau GDD (Game Design Document), mencari tema, melakukan produksi 3 tema, melakukan survey, melakukan produksi asset, dan melakukan implementasi pada flutter. Setelah melalui semua tahap tersebut, maka terbentuk asset 2D grafis yang dapat digunakan sebagai asset pada game chessbomb. Pada tahap implemtasi pada flutter, asset diinput kedalam flutter dan berhasil tanpa mengalami error.
Dosen Pembimbing: | Reza Giga Isnanda, S.T., M.Sc. and Apriliya Kurnianti, S.T., M.Eng. | NIDN0503068601, NIDN0518048401 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Chess, ChessBomb, Game Design Document, Software Requirement Specification, Aesthetics, Asset, and Themes |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknologi Informasi |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 04:32 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 04:32 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43312 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |