ERWIN SANTOSA (2023) PEMBUATAN ASSET 2D GRAFIS PADA GAME CHESSBOMB. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (685kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (497kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (52kB)
Bab I.pdf
Download (35kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (41kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (343kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (853kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (28kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (92kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (391kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (238kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Catur merupakan salah satu permainan klasik yang dikategorikan sebagai board game. Permainan catur menggunakan peraturan lama yang ditetapkan pada abad ke-15. Perkembangan game catur telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya yaitu dengan melakukan inisiatif untuk membuat sebuah game catur yang dikombinasikan dengan game bomberman yang diberi nama ChessBomb. Perkembangan berlanjut pada tahap pembuatan menggunakan framework flutter dengan menggunakan GDD (Game Design Document) dan SRS (Software Requirement Specification) game ChessBomb berhasil dibuat dalam bentuk digital. Namun peneliti sebelumnya hanya berfokus pada gameplay, dan belum ada tindak lanjut masalah aesthetics pada sebuah asset game.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan asset 2D grafis gameplay yang kemudian diimplementasikan pada kodingan flutter tanpa mengalami error. Manfaat dari penelitian ini menghasilkan asset 2D grafis yang dapat digunakan untuk keperluan asset pada game chessbomb. Dalam pembuatan asset tersebut ada beberapa tahap yang dilakukan, penulis meninjau GDD (Game Design Document), mencari tema, melakukan produksi 3 tema, melakukan survey, melakukan produksi asset, dan melakukan implementasi pada flutter. Setelah melalui semua tahap tersebut, maka terbentuk asset 2D grafis yang dapat digunakan sebagai asset pada game chessbomb. Pada tahap implemtasi pada flutter, asset diinput kedalam flutter dan berhasil tanpa mengalami error.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Chess, ChessBomb, Game Design Document, Software Requirement Specification, Aesthetics, Asset, and Themes |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 04:32 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 04:32 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43312 |