RICO KURNIAWAN (2023) PEMANFAATAN WEBSITE DAN TWITTER DALAM PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNMENT TAHUN 2022(STUDI PERBANDINGAN KABUPATEN SLEMAN DAN KOTA YOGYAKARTA, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (656kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (36kB)
Bab I.pdf
Download (230kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (309kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (105kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (406kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (46kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (178kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (20MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (910kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini fokus pada studi terkait pemanfaatan website dan kualitas informasi publik dalam akun twitter Pemerintah Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta di DIY. Belum banyak kajian tentang pemanfaatan media (website) dan media social (twitter) secara berdampingan dalam memberikan layanan dan informasi publik berbasis e-government, terutama yang membandingkan pemanfaatan Website Pemerintah dan Twitter Pemerintah Kabupaten/Kota di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pemanfaatan media (website) dan media sosial (twitter) pemerintah dalam memberi pelayanan publik berbasis e-government. Adapun metode yang digunakan dalam mencapai tujuan penelitian tersebut maka digunakan metode kualitatif dengan deskriptif-interpretif. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif dan analisis data diolah dengan bantuan software NVivo 12 Plus dan PageSpeed Insights. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Secara garis besar kedua website resmi pemerintah ini mendapatkan nilai yang cukup tingi dan perbedaan nilai dari kedua website tidak terlalu berbeda jauh, yang mana website Kabupaten Sleman Lebih tinggi dengan nilai 71,1% sedangkan website Kota Yogyakarta dengan nilai 70%. Kedua nilai tersebut merupakan nilai rata-rata dari Aksesbilitas, Transparansi, Akuntabilitas, Efektivitas, Efisiensi dalam pemanfaatan website sebagai pelayanan publik berbasis e-government di Pemerintah Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2022. Selanjutnya pada pemanfaatan akun resmi twitter Pemerintah sebagai pelayanan publik berbasis e-government melihat dari segi keterkaitan konten twitter dengan website, word cloud, dan aktifitas tweet di Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta, Daerah istimewa Yogyakarta tahun 2022.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Website, Twitter, Public Services, E-Government, Sleman Regency, Yogyakarta City |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Pemerintahan S2 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 02:46 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 02:46 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43340 |