HUBUNGAN TUTORIAL DENGAN NILAI STUDENT ORAL CASEANALYSIS (SOCA) MAHASISWA PSPD FKIK UMY

RIZKA NADIA MAGHFIRA (2024) HUBUNGAN TUTORIAL DENGAN NILAI STUDENT ORAL CASEANALYSIS (SOCA) MAHASISWA PSPD FKIK UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (505kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hubungan Tutorial dengan Nilai Student Oral Case Analysis (SOCA) Mahasiswa PSPD FKIK UMYPendahuluan : Tutorial diterapkan sebagai implementasi Problem Based Learning yang mengedepankan pembelajaran berpusat pada mahasiswa. Penilaian merupakan bagian suatu proses pendidikan. Diperlukan instrumen yang dapat menilai proses pendidikan kedokteran melibatkan proses pembentukan pengetahuan, keterampilan, dan sikap. SOCA digunakan sebagai asesmen mahasiswa dalam tutorial PBL melibatkan evaluasi diri, peer, dan tutor dalam menilai tingkat keterampilan seperti kerja kelompok dan komunikasi. SOCA menuntut mahasiswa mengidentifikasi masalah dalam bentuk kasus dan menganalisis secara menyeluruh sesuai kompetensi. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui hubungan antara nilai tutorial dengan nilai SOCA mahasiswa PSPD FKIK UMY.Metode : Penelitian kuantitatif dengan desain observasional analitik menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan dengan mengambil data sekunder berupa nilai tutorial dan SOCA sebanyak 2 blok angkatan 2019, 2020, dan 2021 di pengajaran PSPD FKIK UMY. Uji statistik dengan uji korelasi Spearman karena data terdistribusi tidak normal. Hasil : Tidak ada perbedaan signifikan antara rerata nilai tutorial dan SOCA perempuan dan laki-laki serta antar angkatan. Terdapat hubungan antara nilai tutorial dengan nilai SOCA yang signifikan untuk tiap angkatan serta total keseluruhan angkatan (p<0.05). Arah korelasi yang positif menunjukkan semakin besar nilai tutorial maka semakin besar pula hasil nilai SOCA mahasiswa. Kesimpulan : Nilai rerata tutorial dan SOCA perempuan dan laki-laki serta antar angkatan menunjukkan hasil yang hampir sama. Nilai performa harian dan minikuis tutorial berhubungan dengan nilai SOCA secara signifikan. Nilai tutorial dan nilai SOCA naik secara bersamaan atau berbanding lurus.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tutorial, SOCA, Medical students
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 16 Feb 2024 07:05
Last Modified: 16 Feb 2024 07:05
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43454

Actions (login required)

View Item
View Item