RIZKA NADIA MAGHFIRA (2024) HUBUNGAN TUTORIAL DENGAN NILAI STUDENT ORAL CASEANALYSIS (SOCA) MAHASISWA PSPD FKIK UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (411kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (460kB)
Bab I.pdf
Download (505kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (572kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (493kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (443kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (353kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (451kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (831kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (397kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Hubungan Tutorial dengan Nilai Student Oral Case Analysis (SOCA) Mahasiswa PSPD FKIK UMYPendahuluan : Tutorial diterapkan sebagai implementasi Problem Based Learning yang mengedepankan pembelajaran berpusat pada mahasiswa. Penilaian merupakan bagian suatu proses pendidikan. Diperlukan instrumen yang dapat menilai proses pendidikan kedokteran melibatkan proses pembentukan pengetahuan, keterampilan, dan sikap. SOCA digunakan sebagai asesmen mahasiswa dalam tutorial PBL melibatkan evaluasi diri, peer, dan tutor dalam menilai tingkat keterampilan seperti kerja kelompok dan komunikasi. SOCA menuntut mahasiswa mengidentifikasi masalah dalam bentuk kasus dan menganalisis secara menyeluruh sesuai kompetensi. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui hubungan antara nilai tutorial dengan nilai SOCA mahasiswa PSPD FKIK UMY.Metode : Penelitian kuantitatif dengan desain observasional analitik menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan dengan mengambil data sekunder berupa nilai tutorial dan SOCA sebanyak 2 blok angkatan 2019, 2020, dan 2021 di pengajaran PSPD FKIK UMY. Uji statistik dengan uji korelasi Spearman karena data terdistribusi tidak normal. Hasil : Tidak ada perbedaan signifikan antara rerata nilai tutorial dan SOCA perempuan dan laki-laki serta antar angkatan. Terdapat hubungan antara nilai tutorial dengan nilai SOCA yang signifikan untuk tiap angkatan serta total keseluruhan angkatan (p<0.05). Arah korelasi yang positif menunjukkan semakin besar nilai tutorial maka semakin besar pula hasil nilai SOCA mahasiswa. Kesimpulan : Nilai rerata tutorial dan SOCA perempuan dan laki-laki serta antar angkatan menunjukkan hasil yang hampir sama. Nilai performa harian dan minikuis tutorial berhubungan dengan nilai SOCA secara signifikan. Nilai tutorial dan nilai SOCA naik secara bersamaan atau berbanding lurus.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tutorial, SOCA, Medical students |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 07:05 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 07:05 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43454 |