AZIZAH KHOIRUNNISA AL MUNAWAR (2024) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS TUTORIAL SECARA ONLINE DAN SECARA OFFLINE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MAHASISWA PRODI KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (372kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (445kB)
Bab I.pdf
Download (538kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (500kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (493kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (88kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (441kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (602kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (664kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (359kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Pendahuluan : Covid-19 di Indonesia menyebabkan pemerintah memberlakukan protokol kesehatan yang sangat ketat dan mengakibatkan perubahan semua aturan salah satunya dalam hal Pendidikan. Seluruh perguruan tinggi harus menerapkan aturan pembelajaran secara online jarak jauh. Setelah Covid-19 mulai turun dan mulai membaik, mulai diberlakukan sistem belajar secara offline atau tatap muka. Hal ini mempunyai kelebihan dan kekurangan dan menjadi tantangan bagi mahasiswa khususnya bagi mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Salah satu pembelajaran yang terkena dampak dari perubahan sistem pembelajaran ini adalah tutorial. Maka kita perlu mengetahui efektifitas tutorial secara online dan secara offline dengan hasil belajar yaitu minikuis.Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui perbandingan efektivitas tutorial secara online dan tutorial secara offline terhadap hasil belajar pada mahasiswa program studi kedokteran universitas muhammadiyah yogyakarta.Metode Penelitian : Penelitian kuantitatif dengan desain observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini menggunakan kuesioner Tutorial Group Effectiveness Instrument (TGEI) yang disebar lewat google form dan mengambil data sekunder berupa nilai minikuis. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa prodi kedokteran universitas Muhammadiyah Yogyakarta Angkatan 2019 dan Angkatan 2020. Hasil Penelitian: Dilakukan uji Pearson untuk variabel online dan uji Spearman untuk variabel offline. Hasil analisis uji korelasi didapatkan nilai sig. > 0.05. Untuk variabel online tingkat signifikansi .991 dan variabel offline tingkat signifikansi .213. Dapat diartikan bahwa tidak ada perbandingan yang signifikan antara efektivitas tutorial dengan hasil belajar berupa nilai minikuis. Kesimpulan : Tidak terdapat perbandingan antara efektivitas tutorial secara online dan secara offline terhadap hasil belajar pada mahasiswa prodi kedokteran universitas muhammadiyah yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Effectiveness, Tutorial, Learning Results, Miniquiz, Learning Methods |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 07:02 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 07:02 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43455 |