PENGARUH SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP NILAI SOCA MAHASISWA UMY

SYAHRIAR WARMAN (2024) PENGARUH SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP NILAI SOCA MAHASISWA UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (672kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pengaruh Self Directed Learning terhadap Nilai SOCA Mahasiswa Kedokteran UMY Pendahuluan: Self Directed Learning (SDL) merupakan metode pembelajaran yang fleksibel namun berorientasi pada tujuan tergantung pada perencanaan, pemantauan dan evaluasi kemampuan mahasiswa mengelola pembelajaran sesuai dengan otonominya). Ujian lisan berupa SOCA sebagai metode evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir blok Pelajari dan terapkan ke semua blok. Metode evaluasi ujian lisan Ini memiliki beberapa keuntungan yaitu pengetahuan, keterampilan, memecahkan atau menganalisis masalah dan menggali lebih dalam pengetahuan mahasiswa. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh kemampuan Self Directed Learning (SDL) terhadap nilai SOCA mahasiswa kedokteran UMY. Metode: Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan menggunakn Google Form yang dibagikan kepada responden melalui Whatsapp. Penentuan Sampel menggunakan Stratifeid Random Sampling dengan Responden angkatan 2020-2022 dengan jumlah 152 responden yang dilakukan uji statistik dengan uji regresi liniear untuk mentukan hipotesis. Hasil: Berdsarkan uji regresi linear sederhana didapatkan nilai signifikansi total adalah 0.123. Untuk nilai signifikasi dari angkatan 2020 adalah 0.757, angkatan 2021 memiliki nilai Signifikansi 0.295, dan nilai signifikansi angkatan 2022 adalah 0.772, hal ini membuktikan bahwa jika nilai signifikansi lebih dari 0,05 maka artinya tidak terdapat pengaruh antara Self Directed Learning dengan nilai SOCA pada mahasiwa kedokteran UMY. Kesimpulan : Rerata nilai ujian SOCA mahasiswa kedokteran UMY seluruh Angkatan adalah 81.73. Untuk Rerata Angkatan 2020, 2021, 2022 berturut turut 82.78, 80.70 dan 82.00. Rerata tingkat kemampuan Self Directed Learning mahasiswa kedokteran UMY tingkat SDL tinggi sebesar 82.2 persen sedangkan tingkat sedang 17.1 persen dan tingkat rendah 0.7 persen. Tidak terdapat pengaruh antara Self Directed Learning terhadap nilai SOCA mahasiswa kedokteran UMY.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Self Directed Learning, SOCA Value, Tutorial, Assessment Method
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 15 Feb 2024 08:00
Last Modified: 15 Feb 2024 08:00
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43461

Actions (login required)

View Item
View Item