MANAGEMENT OF INSTAGRAM SOCIAL MEDIA ACCOUNTS AS PROMOTIONAL MEDIA TO INCREASE SALES AT DOPIO DONUTS IN 2023

ARDANI MUHAMAD IRSAD (2024) MANAGEMENT OF INSTAGRAM SOCIAL MEDIA ACCOUNTS AS PROMOTIONAL MEDIA TO INCREASE SALES AT DOPIO DONUTS IN 2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)

Abstract

Doppio Donuts merupakan salah satu gerai pengrajin donat yang memanfaatkan teknologi khususnya Instagram untuk memasarkan produknya sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, bagaimana proses pengelolaan dan promosi produk sehingga dapat menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan akun media sosial Instagram @dopidonuts sebagai media promosi meningkatkan penjualan pada tahun 2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan akun media sosial Instagram sebagai media promosi efektif meningkatkan penjualan pada gerai Dopio Donuts. Penelitian ini menemukan bahwa Dopio Donuts telah melakukan pengelolaan media sosial dengan baik dengan menggunakan empat tahap pengelolaan yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian serta melakukan promosi online Instagram menggunakan model periklanan, Sales Promotion, Personal Selling, dan Word Mouth Marketing, dengan memaksimalkan fitur-fitur Instagram yang ada, sehingga berhasil meningkatkan penjualan produknya, terlihat dari peningkatan penjualan dari tahun 2021 sebesar 27,50%, tahun 2022 sebesar 28,32%, dan tahun 2023 sebesar 32,17%. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang perlunya pengelolaan media sosial yang baik. Penelitian ini mengembangkan konsep penerapan promosi melalui platform Instagram untuk meningkatkan penjualan produk pada Dopio Donuts dan outlet sejenis lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Instagram Social Media, Management, Promotion
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 15 Feb 2024 07:41
Last Modified: 15 Feb 2024 07:41
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43469

Actions (login required)

View Item
View Item