ANNISA NADIYA GRAVELINE (2024) PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENERBITAN IZIN USAHA PERHOTELAN DI KAWASAN PARIWISATA PANTAI PANGANDARAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (64kB)
Bab I.pdf
Download (204kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (281kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (221kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (574kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (97kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (123kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (478kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pemerintah daerah dalam memberikan izin usaha perhotelan dan faktor yang akan menghambat pemerintah daerah dalam menerbitan izin perhotelan di Kabupaten Pangandaran. Metode yang digunakan yaitu mengadopsi jenis penelitian hukum empiris. Hasil yang didapatkan yaitu DPMPTSP memiliki kewenangan dalam memberikan izin usaha perhotelan dan memastikan kepatuhan terhadap standar dan regulasi yang berlaku. Mereka mengacu pada peraturan seperti Peraturan Bupati Pangandaran dan Peraturan Pemerintah yang mengatur penyelenggaraan perizinan berusaha. Dinas Pariwisata, di sisi lain, memiliki tanggung jawab untuk melakukan pengawasan terhadap pematuhan standar oleh hotel-hotel yang beroperasi di Kabupaten Pangandaran. Mereka juga melakukan evaluasi risiko terhadap usaha perhotelan sebelum memberikan izin berdasarkan pendekatan berbasis risiko. Penerbitan izin usaha perhotelan dianggap telah berjalan dengan cukup baik menurut DPMPTSP, terutama karena upaya mereka dalam melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis kepada pemilik hotel. Dalam pelayanan penerbitan izin, kendala meliputi masalah teknis dalam sistem aplikasi yang digunakan dan pelaku usaha yang lupa atau kehilangan akun aplikasi mereka. Hambatannya adalah ketidakmungkinan untuk mendapatkan kerjasama penuh dari staf atau pegawai hotel dalam proses peninjauan, yang bisa menghambat pengawasan yang efektif. Kurangnya sumber daya manusia dalam Dinas Pariwisata yang memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk melakukan peninjauan yang komprehensif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hotel, Local Government, Licensing |
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 09 Feb 2024 07:23 |
Last Modified: | 09 Feb 2024 07:23 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43477 |