Tatryana Rendi Ziar Z (2021) Aktivitas dan Pola Komunikasi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Untuk Mewujudkan Kota Pariwisata Berbudaya Melalui Media Sosial Twitter 2018 - 2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (579kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (376kB)
Bab I.pdf
Download (460kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (342kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (186kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (422kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Kota Yogyakarta dikenal sebagai salah satu destinasi wisata utama di Indonesia baik oleh turis local maupun mancanegara. Terkenalanya Kota Yogyakarta sebagai destinasi wisata tidak terlepas dari peran Pemerintah Kota Yogyakarta yang berhasil mengemas Pariwisata Kota Yogyakarta yang kental akan nilai – nilai kebudayaan dan adat istiadat jawa. Saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah menghasilkan media komunikasi baru, salah satunya yaitu media sosial (sosial media). Pada saat ini media sosial tidak hanya digunakan untuk komunikasi personal dan kelompok, namun digunakan dalam konteks komunikasi politik dan pemerintahan. Maka dari itu dapat disimpulkan bagaimana aktivitas dan pola komunikasi pemerintah Kota Yogyakarta dalam mewujudkan kota pariwisata yang berbudaya. Selain itu Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisa aktivitas dan pola komunikasi Pemerintah Kota Yogyakarta dalam mewujudkan Kota Pariwisata yang berbudaya melalui media sosial Twitter. Fokus penelitian ini pada intensitas aktivitas akun Twitter Pemerintah Kota Yogyakarta dan stakeholder lainnya pada 2 tahun terakhir dari tahun 2018 – 2020. Intensitas aktivitas twitter yang cukup tinggi menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Yogyakarta aktif dalam memberikan informasi secara transparan kepada masyarakat. Transparansi informasi dapat di lihat dengan link website yang dicantumkan setiap kali memposting informasi pada akun Twitter @TICjogjakota. Interaksi akun twitter dengan user dapat dilihat dari keterhubungan dengan berbagai akun twitter lain. Keterhubungan beberapa akun twitter menunjukkan adanya keterkaitan dan kebutuhan informasi dari user terhadap berbagai informasi yang disampaikan oleh akun @TICjogjakota. Hal ini menunjukkan kepercayaan kepada pemerintah sebagai sumber informasi, penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan Pendekatan Deskriptif.
Keywords: Komunikasi Pemerintah, Media Sosial Twitter, Pariwisata
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 03:17 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 03:17 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4350 |