DEFFI ASHARINI (2015) EVALUASI STRATEGI PEMASARAN RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH BANTUL. S2 thesis, UNSPECIFIED.
![]() |
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (540kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
INTISARI.pdf Download (580kB) |
![]() |
Text (Bab I)
BAB. I.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (Bab II)
BAB. II.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
![]() |
Text (Bab III)
BAB. III.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
BAB. IV.pdf Restricted to Registered users only Download (19MB) |
![]() |
Text (Bab V)
BAB. V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Latar Belakang : RSU PKU Muhammadiyah Bantul adalah rumah sakit tipe C dengan BOR (Bed Occupational Rate) 61 % sampai 68 %. Pada tahun 2011 sampai 2012 Jumlah pasien rawat inap dan rawat jalan mengalami penurunan. Kondisi menurunnya jumlah kunjungan pasien menjadi permasalahan yang harus diperhatikan oleh manajerial rumah sakit. Rumah sakit perlu melakukan evaluasi strategi pemasaran terutama dari segi customer dengan menilai bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi, sumber daya manusia, proses, bukti fisik dan customer care). Tujuan penelitian : Melakukan evaluasi strategi pemasaran rumah sakit terkait dengan bauran pemasaran. Metode : Jenis penelitian deskriptif dengan memadukan data kualitatif dan data kuantitatif. Jumlah sampel 100 responden. Pengambilan data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan kuisioner dan data kualitatif didapat dari hasil wawancara mendalam dengan pihak manajemen rumah sakit. Hasil : sasaran strategis rumah sakit untuk meningkatkan kepercayaan customer sudah berjalan dengan baik. Strategi pemasaran yang dilakukan RSU PKU Muhammadiyah Bantul dinilai sudah cukup tepat di mana digambarkan dari hasil analisis deskriptif untuk keseluruan variabel bauran pemasaran di rumah sakit. Variabel bauran pemasaran tertinggi terdapat pada variabel produk dan variabel bauran pemasaran terendah terdapat pada variabel price.Kesimpulan dan Saran : Untuk dapat merebut pasar, manajemen RSU PKU Muhammadiyah Bantul segera berorientasi pada bauran pemasaran secara keseluruan dan melakukan evaluasi strategi pemasaran yang proaktif terhadap masyarakat yaitu dengan cara mengembangkan produk unggulan dan produk inovasi serta peningkatan mutu pelayanan.
Dosen Pembimbing: | Siti Dyah Handayani, Dr., M.M. | NIDN0531056801 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S2) |
Uncontrolled Keywords: | Marketing strategy, evaluation strategy, Product, Price, Place, Promotion, People, Physical evidence, Process, Customer service |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 02:16 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 02:16 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43510 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |