EVALUASI STRATEGI PEMASARAN RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH BANTUL

DEFFI ASHARINI (2015) EVALUASI STRATEGI PEMASARAN RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH BANTUL. S2 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (540kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
INTISARI.pdf

Download (580kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB. I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Latar Belakang : RSU PKU Muhammadiyah Bantul adalah rumah sakit tipe C dengan BOR (Bed Occupational Rate) 61 % sampai 68 %. Pada tahun 2011 sampai 2012 Jumlah pasien rawat inap dan rawat jalan mengalami penurunan. Kondisi menurunnya jumlah kunjungan pasien menjadi permasalahan yang harus diperhatikan oleh manajerial rumah sakit. Rumah sakit perlu melakukan evaluasi strategi pemasaran terutama dari segi customer dengan menilai bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi, sumber daya manusia, proses, bukti fisik dan customer care). Tujuan penelitian : Melakukan evaluasi strategi pemasaran rumah sakit terkait dengan bauran pemasaran. Metode : Jenis penelitian deskriptif dengan memadukan data kualitatif dan data kuantitatif. Jumlah sampel 100 responden. Pengambilan data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan kuisioner dan data kualitatif didapat dari hasil wawancara mendalam dengan pihak manajemen rumah sakit. Hasil : sasaran strategis rumah sakit untuk meningkatkan kepercayaan customer sudah berjalan dengan baik. Strategi pemasaran yang dilakukan RSU PKU Muhammadiyah Bantul dinilai sudah cukup tepat di mana digambarkan dari hasil analisis deskriptif untuk keseluruan variabel bauran pemasaran di rumah sakit. Variabel bauran pemasaran tertinggi terdapat pada variabel produk dan variabel bauran pemasaran terendah terdapat pada variabel price.Kesimpulan dan Saran : Untuk dapat merebut pasar, manajemen RSU PKU Muhammadiyah Bantul segera berorientasi pada bauran pemasaran secara keseluruan dan melakukan evaluasi strategi pemasaran yang proaktif terhadap masyarakat yaitu dengan cara mengembangkan produk unggulan dan produk inovasi serta peningkatan mutu pelayanan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Marketing strategy, evaluation strategy, Product, Price, Place, Promotion, People, Physical evidence, Process, Customer service
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:16
Last Modified: 15 Jan 2024 02:16
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43510

Actions (login required)

View Item
View Item