KINERJA PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL (STUDI EVALUATIF DI KELOMPOK KERJA PENGAWAS PADA KEMENTERIAN AGAMA)

DWIASTUTI ARI SISWANDARI (2014) KINERJA PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL (STUDI EVALUATIF DI KELOMPOK KERJA PENGAWAS PADA KEMENTERIAN AGAMA). S2 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (23MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari fenomena beban kerja pengawas yang overload. Demikian juga faktor alam turut mempengaruhi intensitas kunjungan pengawas ke sekolah binaan. Oleh karena itu, sangat penting diadakannya evaluasi kinerja pengawas dalam upaya menjaga profesionalitas dalam melaksanalcart tugas pengawas yang berdampak pada pembinaan karir, peningkatan kompetensi, serta peningkatan kincrja pengawas. Penelitian yang berjudul " Kinerja Pengawas Pendidikan Agama Islam SMP di Kabupaten Gunungkidul" ini pada hakekatnya benujuan untuk : I) mendeskripsikan pcnyusunan program pcngawas PAI SMP di kabupaten Gunungkidul tahun 2013/2014. 2) mendeskripsikan pelaksanaan program pengawas PAI SMP di kabupaten Gunungkidul tahun 2013/2014, 3) mendeskripsikan pelaporan pelaksanaan program pengawas PAI SMP di kabupaten Gunungkidul tahun 2013/2014, 4) menganalisis tingkat kinerja pengawas PAI SMP di kabupaten Gunungkidul tahun 201312014. Perbedaan dengan penelitian yang lalu, terletak pada materi substansial yang dikaji Icbih berdasarkan pada peraturan perundang-undangan Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan mited methods yakni *sequenfial exploratory'. Fokus pcnelitian ini adalah evaluasi program untuk mengetahui implementasi program pengawasan yang mcliputi konteks, input, proses dan output. Dalam rangka pengumpulan data yang dibutuhkan, penulis menggunakan teknik triangulasi.
Indikator penilaian kinerja pengawas dalam hal penyusunan, meliputi program tahunan, program semester, dan RKA. Pelaksanaan program pengawasan mencakup pembimbingan, pclatihan, dan pcngcmbangan profesionalitas guru PAI, pemantauan dan pembinaan standar nasional PAI. serta penilaian kinerja guru PAI. Sedangkan. indikator pelaporan program pengawasan memuat laporan bulanan, laporan semesteran, dan laporan tahunan.
Kinerja pengawas PAI SMP dalam hal penyusunan dikatakan sangat baik. Hal ini merupakan dampak dari kcpcmimpinan yang bcrsifat transformasional dalam hal perencanaan penyusunan program. Kinerja pengawas PAI SMP dalam hal pelaksanaan dikatakan cukup. Meskipun sumber daya pengawas tcrgolong baik, namun mengingat bcban kerja yang overload dan faktor alam juga mempengaruhi intensitas kunjungan pengawas ke sekolah binaan. Kinerja pengawas PAI SMP dalam hal pclaporan dikatakan cukup, nampak pada belum maksimalnya mcmbuat laporan bulanan. Namun sccara keseluruhan, pengawas PAI SMP di kabupaten Gunungkidul tahun 2013/2014 mempunyai kinerja yang baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluation, Job Performance, Supervisor
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 16 Jan 2024 01:59
Last Modified: 16 Jan 2024 01:59
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43524

Actions (login required)

View Item
View Item