FATCHUL AZIZ (2007) PEMBIASAAN PRAKTEK HIDUP BERAGAMA DI KALANGAN SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DARUL FALAH SUMBEREJO, SUKOREJO, PONOROGO. S2 thesis, UNSPECIFIED.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (3MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (374kB)
ABSTRAK.pdf
Download (1MB)
BAB.I.pdf
Download (3MB)
BAB.II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (34MB)
BAB.III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
BAB.IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (23MB)
BAB.V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (729kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Abstract
Kenyataan sekarang menunjukkan sedang terjadi kemerosotan moral yang luar biasa di kalangan generasi muda, bahkan pada anak-anak usia SD. Fenomena ini sangat memprihatinkan; baik bagi orang tua, masyarakat maupun dunia pendidikan. Sementara banyak lembaga pendidikan tidak mampu menjadi pusat orientasi siswa, khususnya untuk mengembangkan kepribadiannya. Pelaksanaan pembelajaran PAI di sekolah pada umumnya belum mampu menjadi sebuah gerakan pendidikan nilai. Di Sukorejo, terdapat sekolah dasar unggulan, justru berada di kawasan pedesaan. Sekolah dasar tersebut memiliki komitmen cukup tinggi dalam upaya membentuk kepribadian siswa bersamaan dengan tumbuh dan berkembangnya kecerdasan intelektual, emosional dan sosialnya. Sekolah itu adalah SDIT Darul Falah Sumberejo, Sukorejo, Ponorogo. Melalui pola pendidikan terpadu mengembangkan konsep education for all dengan memberi penekanan pada terbentuknya pribadi muslim paru ipurna. Berdasarkan fenomena diatas, penulis ingin mengkaji bagaimana SDIT Darul Falah berupaya membentuk kepribadian siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI; pembiasaan praktek hidup beragama di kalangan siswa; dan bagaimana karakter keberagamaan siswanya. Dengan pembiasaan praktek hidup beragama, diharapkan pada diri siswa tumbuh dan berkembang keyakinan, pemahaman, sikap dan perilaku yang Islami bersamaan dengan tumbuh dan berkembangan kecerdasan intelektual, emosional dan sosialnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Yang menjadi subyek penelitian adalah keseluruhan orang yang terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan di SDIT Darul Falah Sumberejo, Sukorejo, Ponorogo meliputi pimpinan LPIT/Pondok, kepala sekolah, para guru, dan para tenaga administrasi, serta para siswa. Teknik penentuan responden diawali dengan teknik informan kunci, kemudian teknik bola salju, dan teknik sengaja (purposij). Data digali melalui teknik wawancara mendalam, pengamatan, dan dokumentasi. Ananalisis data dilakukan pada saat di lapangan dan setelah meninggalkan lapangan. Selanjutnya data direduksi, divalidasi, diinterpretasi, dan dilakukan konseptualisasi. Selanjutnya dideskripsikan hasilnya. Pokok-pokok temuan yang berhasil diungkap dalam penelitian ini antara lain : Pertama; strategi pembelajaran PAI di SDIT Darul Falah memadukan strategi pembelajaran modem di sekolah, strategi pembelajaran pondok pesantem, dan strategi pengasuhan keluarga. Juga dilakukan secara bersama-sama dengan pelaksanaan pembelajaran bidang studi lainnya dengan prinsip saling menyinggung dan saling menyapa. Kedua; metode pembiasaan praktek hidup beragama dikalangan siswa dilaksanakan secara intensif. Ketiga; karakteristik keberagamaan siswanya adalah: melaksanakan shalat, disiplin, percaya diri, berperilaku baik, periang, hormat dan patuh kepada orang tua/guru, terbiasa membaca Al-Quean dengan tartil dan senang membaca bacaan lainnya. Lulusan yang diharapkan adalah menjadi anak yang memiliki kepribadian yang Islami, menguasai dasar-dasar ilmu kehidupan, dan memiliki ketrampilan hidup yang memadai.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 03:28 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 03:28 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43546 |