KOMUNIKASI POLITIK GIBRAN DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL TWITTER SEBAGAI PLATFORM PELAPORAN DI AKAR RUMPUT: STUDI KASUS AKUN @GIBRAN_TWEET

REYSA ANGGREYANI (2024) KOMUNIKASI POLITIK GIBRAN DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL TWITTER SEBAGAI PLATFORM PELAPORAN DI AKAR RUMPUT: STUDI KASUS AKUN @GIBRAN_TWEET. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (827kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini akan bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan platform media sosial sebagai media pelaporan terhadap berbagai isu-isu yang ada di kota Surakarta. Secara khusus fokus analisis ini dilakukan pada data media sosial Twitter Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (@gibran_tweet). Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan menggunakan perangkat lunak analisis data kualitatif (Q-DAS) Nvivo 12Plus untuk menganalisis data. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa: Pertama, isi dikotomi konten media sosial pada akun Gibran Rakabuming Raka selaku Wali Kota Surakarta terhadap media sosial sebagai bagian pemberitaan menunjukkan bahwa media sosial dapat di aksesoleh setiap orang untuk memberitakan mengenai infrastruktur sosial dan permasalahan lainnya di kota Surakarta. Selanjutnya isi konten media sosialnya di dominasi sebagai media pelaporan terhadap permasalahan warga Surakarta. Kedua, pada aktivitas akun Gibran Rakabuming Raka memiliki konsentrasi pada konten kota Surakarta. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis berdasarkan jenis tweet, frekuensi aktivitas akun periode Oktober 2022-Juni 2023, dan lokasi aktivitas akun. Ketiga, ditunjukkan dalam dominasi narasi dengan kata-kata yang berkaitan dengan lokasi Solo atau Surakarta, maka hal ini menunjukkan bahwa isi media sosial dari Gibran Rakabuming Raka sebagai Wali Kota Surakata merujuk pada wilayah di Surakarta sebagai daerah kepemimpinannya, selanjutnya hal ini menunjukkan bahwa terdapat dominasi konten muatan lokal yang berkaitan dengan Solo atau Surakarta. Rekomendasi yang dapat diambil dari penelitian ini akan berkaitan terhadap keberlanjutan dan kebaharuan penelitian yang akan membahas komunikasi politik yang digunakan kepala daerah melalui media sosial sebagai media pelaporan, sekaligus penelitian ini dapat digunakan sebagai rujukan terhadap pencitraan politik Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gibran Rakabuming Raka, Political Communication, Reporting, Social Media
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 07 Feb 2024 06:31
Last Modified: 07 Feb 2024 06:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43577

Actions (login required)

View Item
View Item