SELFIA NOFITA DEWI (2024) THE IMPLEMENTATION OF LESSON PLAN BY THE PRE-SERVICE ENGLISH TEACHERS DURING TEACHING PRACTICE PROGRAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (338kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (200kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (67kB)
Bab I.pdf
Download (95kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (198kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (100kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (193kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (15kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (137kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (147kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (229kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (929kB)
Abstract
Guru prajabatan bahasa Inggris tidak hanya belajar di kelas, mereka diberi kesempatan untuk merancang rencana pelajaran dan menerapkannya dalam praktek pengajaran mereka. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui bagaimana rencana pelajaran diimplementasikan, tantangan yang dihadapi selama implementasi rencana pelajaran, serta strategi yang dilakukan oleh guru prajabatan bahasa Inggris selama praktik pengajaran mereka. Penelitian ini dilakukan di salah satu universitas swasta di Indonesia. Para peserta yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2019. Peneliti menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif sebagai presentasi temuan penelitian. Kemudian, peneliti menggunakan teknik wawancara dengan wawancara standar-terbuka sebagai metode untuk mengumpulkan data. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh guru prajabatan bahasa Inggris, seperti sebelum pengajaran, saat mengajar, dan pasca pelajaran. Selanjutnya, para guru prajabatan bahasa Inggris menghadapi beberapa tantangan dalam implementasi rencana pelajaran dalam praktik pengajaran mereka. Tantangan-tantangan tersebut meliputi: 1) Kurangnya persiapan guru prajabatan bahasa Inggris, 2) Kurangnya kontribusi siswa, 3) Kurangnya disiplin siswa, 4) Kurangnya durasi pengajaran, 5) Kurangnya kondusifitas kelas, 6) Kurangnya alat media pembelajaran, dan 7) Kurangnya koneksi internet. Selain itu, peneliti juga menemukan strategi yang digunakan oleh guru prajabatan bahasa Inggris dalam mengatasi rintangan yang dihadapi selama implementasi rencana pelajaran, seperti: 1) Berpikir dengan jernih dan mengendalikan emosi, 2) Mengingatkan siswa secara langsung, 3) Meningkatkan persiapan guru prajabatan Bahasa Inggris, 4) Membuat pembelajaran yang menarik, dan 5) Melakukan evaluasi setelah implementasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pre-service English teacher, implementation of lesson plan, challenges in the implementation of lesson plan, strategies implementation of lesson plan. |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 06:24 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 06:24 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43582 |