ALIFKA FARREL ARSYADA (2024) GAMBARAN KECEMASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN POLI GIGI PADA MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU (KAJIAN DI KLINIK PRATAMA JEJARING MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN 2023). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (387kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (15kB)
Bab I.pdf
Download (159kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (372kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (430kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (685kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (245kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (861kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (136kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Latar Belakang: Pelayanan poli gigi merupakan salah satu tindakan yang memiliki risiko tinggi dalam proses penularan Covid-19 karena pekerjaannya berhubungan langsung dengan droplet dan aerosol pasien. Tingginya risiko penularan Covid-19 di poli gigi menyebabkan timbulnya rasa cemas oleh para pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecemasan terhadap pelayanan poli gigi di Klinik Pratama jejaring Muhammadiyah Yogyakarta pada masa adaptasi kebiasaan baru.Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan desain penelitian cross sectional. Teknik yang digunakan untuk penelitian deskriptif menggunakan data kuantitatif berupa survei kuesioner kecemasan pasien. Data diperoleh dari pengisian kuesioner oleh 357 responden. Analisis data penelitian menggunakan analisis distribusi frekuensi. Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar (74,0%) responden tidak mengalami kecemasan, sebagian besar responden berjenis kelamin perempuan (61.9%), sebagian besar responden memiliki usia 26-35 tahun (27.7%), dan sebagian responden berpendidikan SMA (54,9%). Kesimpulan: Hasil kuesioner menunjukkan bahwa responden tidak mengalami kecemasan terkait pelayanan poli gigi pada masa adaptasi kebiasaan baru Covid-19.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | anxiety, dental clinic patients, Covid-19 |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 06:24 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 06:24 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43584 |