IMPLEMENTASI STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM) PELAYANAN PUBLIK DI BIDANG PERIZINAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN BANTUL

SHAFA ANGGRIANI (2024) IMPLEMENTASI STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM) PELAYANAN PUBLIK DI BIDANG PERIZINAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (498kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Negara memiliki kewajiban untuk melayani setiap warga negara dan penduduk untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasarnya dalam kerangka pelayanan publik. Dalam menjalankan urusan pemerintah dalam hal pelayanan, pemerintah daerah harus didasari pada SPM. Tujuan dari penelitian ini adalah yang pertama untuk mengetahui dan menemukan implementasi SPM pelayanan publik di bidang perizinan di DPMPTSP Kabupaten Bantul, dan yang kedua untuk mengetahui dan menemukan faktor apa saja yang menghambat implementasi SPM pelayanan publik di bidang perizinan di DPMPTSP Kabupaten Bantul. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian empiris untuk melihat hukum yang nyata dan bekerjanya hukum di lingkungan masyarakat untuk mencari dan menentukan sumber hukum dalam arti yuridis sosiologis. Metode pengumpulan data dan data yang digunakan adalah data primer dengan cara memperoleh melalui studi lapangan yaitu dengan berinteraksi secara langsung dengan responden yang terkait dengan permasalahan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa komponen SMP sangat penting untuk dijadikan sebagai tolak ukur dari suatu instansi penyelenggara pelayanan. Implementasi standar pelayanan minimal dalam pelayanan publik di bidang Perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bantul telah berjalan baik dan sesuai dengan aturan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik yang mengatur mengenai beberapa komponen SPM yang wajib diterapkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: DPMPTSP, Public Services, Minimum Services Standards (SPM)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:26
Last Modified: 07 Feb 2024 04:26
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43597

Actions (login required)

View Item
View Item