RAY NAGA FAJAR JESSICA (2024) STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS PEONY ECOHOUSE INDONESIA TAHUN 2022.
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (303kB)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only
Download (267kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (186kB)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only
Download (433kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (206kB)
Abstract
Persoalan sampah menjadi salah satu permasalahan serius yang berdampak pada lingkungan dan iklim. Pembuangan dan pengelolaan sampah menjadi persoalan tersendiri di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia di hampir banyak kota di berbagai propinsi. Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami persoalan serupa terkait penanganan sampah. Salah satu perusahaan yang memiliki kepedulian terhadap penanganan sampah dalam operasional usahanya adalah Peony Ecohouse Indonesia, yang menjalankan usaha toko yang berkosep pada penjualan barang curah dengan minim sampah yang pertama di Yogyakarta. Dalam kurun waktu 4 tahun sejak berdiri hingga saat ini masyarakat belum banyak mengetahui keberadaan usaha ini, sehingga kesadaran merek Peony masih belum mencapai tingkat yang kuat karena terjadi perubahan saat pandemi dan pasca setelahnya. Untuk membangun kesadaran masyarakat (brand awareness) ini Peony Ecohouse menggunakan strategi marketing public relations (M-PR). Tujuan dari penelitian ini untuk memaparkan strategi marketing public relations dalam membangun brand awareness Peony Ecohouse Indonesia dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teori three ways strategy meliputi pull strategy, push strategy, dan pass strategy yang didalamnya terdapat tujuh alat yaitu publisitas, acara, sponsorship, berita, presentasi, kegiatan sosial, media identitas yang dapat menunjang penerapan strategi marketing public relations. Pengumpulan data penelitian didapatkan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh Peony Ecohouse Indonesia adalah pull strategy, push strategy dan pass strategy. Strategi tersebut diimplementasikan dengan menggunakan taktik berupa publisitas, presentasi, kegiatan sosial, acara dan media identitas. Pelaksanaan strategi yang didukung taktik tersebut tidak secara signifikan berdampak pada peningkatan brand awareness di mata masyarakat dan sekaligus peningkatan omset Peony Ecohouse Indonesia pada tahun 2022.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brand Awarenes; Lingkungan; Three ways strategy. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 04:18 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 04:18 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43605 |