DHARA MATHASYA I. MAMING (2024) MANAJEMEN KAMPANYE SOSIAL PANDAWARA GROUP MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF MANAJEMEN KAMPANYE SOSIAL TENTANG PEDULI SAMPAH DI @PANDAWARAGROUP PERIODE 2022-2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (956kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (62kB)
Bab I.pdf
Download (648kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (146kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (66kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (114kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Pandawara Group merupakan komunitas pemuda yang berasal dari Bandung yang dikenal dengan kegiatan bersih-bersih sampah. Kegiatan kampanye sosial bersih- bersih sampah dilaksanakan sejak bulan Agustus 2022. Sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait permasalahan sampah, Pandawara Group melakukan edukasi melalui media sosial TikTok. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kampanye sosial yang dilakukan oleh Pandawara Group dalam upaya meningkatkan kepedulian masyarakat mengenai permasalahan sampah. Metode penelitian yang di gunakan yaitu deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Data diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan 3 informan. Metode penelitian menggunakan wawancara mendalam dan juga di dukung dengan beberapa data dari dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Kemudian di uji dengan Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kampanye sosial yang lakukan oleh Pandawara Group telah sesuai dengan teori manajemen kampanye. Manajemen kampanye sosial ini dilakukan melalui tahap perencanaan dengan melakukan analisis dan mengidentifikasi masalah sampah, melakukan strategi manajemen dengan melalui edukasi masalah sampah kepada masyarakat, TikTok sebagai media sosial yang memiliki karakteristik unik dan dapat dengan mudah menyebarluaskan pesan kampanye. Tahap pelaksanaan dilakukan dengan program pembersihan sungai dan program bersih pantai terkotor di Indonesia. Tahap Evaluasi dilakukan dengan media monitoring untuk menganalisis pesan yang dilakukan oleh Pandawara Group. Keberhasilan ini terlihat dari tingginya tingkat partisipasi masyarakat dalam kegiatan bersih-bersih sampah dan munculnya berbagai komunitas peduli lingkungan yang terinspirasi oleh Pandawara Group. Inisiatif ini tidak hanya mencapai tujuan awal dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terkait sampah, tetapi juga menghasilkan dampak positif berupa lahirnya komunitas-komunitas yang turut berkontribusi dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di daerah masing-masing.Kata kunci : Komunitas, Manajemen kampanye sosial, Pandawara group, Sampah, TikTok
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Community, Social campaign management, Pandawara group, Sampah, TikTok |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 03:40 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 03:40 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43631 |