STUDENT�S PERCEPTIONS ON THE USE OF ROLEPLAY IN IMPROVING THEIR SOFT SKILLS

RAHMATULLAH FIRMANSYAH (2024) STUDENT�S PERCEPTIONS ON THE USE OF ROLEPLAY IN IMPROVING THEIR SOFT SKILLS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (601kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (920kB)

Abstract

Role play merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat diterapkan untuk membantu siswa meningkatkan soft skillnya. Strategi ini memberi siswa kesempatan untuk mempraktikkan kemampuan tersebut dalam skenario dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dan soft skill apa saja yang dapat ditingkatkan dengan penerapan metode roleplay di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Selanjutnya penelitian ini melibatkan enam orang mahasiswa ELED sebagai partisipan, dengan wawancara sebagai metode pengumpulan datanya. Ditemukan beberapa temuan mengenai bagaimana role play dapat meningkatkan softskill siswa dan softskill apa saja yang ditingkatkan dengan menggunakan metode role play. Temuan pertama menunjukkan bahwa permainan peran dapat membantu siswa meningkatkan soft skill mereka dengan memungkinkan mereka bereksperimen dengan peran yang berbeda, memberikan pengalaman dalam situasi kehidupan nyata, dan mendorong mereka untuk berpartisipasi secara aktif. Temuan kedua menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi, kerja sama tim, berpikir kreatif, pemecahan masalah, dan kepemimpinan ditingkatkan melalui metode bermain peran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Role play, soft skills, students, improve
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 03 Feb 2024 02:45
Last Modified: 03 Feb 2024 02:45
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43755

Actions (login required)

View Item
View Item