NADIA OKTAVIANI (2024) ASAS KECEPATAN, KEMUDAHAN, DAN KETERJANGKAUAN DALAM PELAYANAN KESEHATAN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK DI PUSKESMAS KASIHAN II. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (776kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (312kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (68kB)
Bab I.pdf
Download (117kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (268kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (49kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (226kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (33kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (93kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (642kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (615kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pelayanan Publik di Indonesia memiliki beberapa asas penyelengaraan pelayanan publik yang terdapat dalam pasal 4 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik di antaranya adalah Asas Kecepatan, Kemudahan, dan Keterjangkauan. Pelayanan di bidang Kesehatan merupakan salah satu bentuk kegiatan nyata untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat. Salah satu unit yang bergerak dalam bidang pelayanan Kesehatan yang berada dekat dengan Masyarakat yaitu PUSKESMAS. PUSKESMAS Kasihan II Bantul adalah objek dari penelitian ini. Penelitian ini mengunakan metode hukum empiris dengan pengolahan data yang bersumber dari hasil wawancara dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa PUSKESMAS Kasihan II Bantul sudah menerapkan asas kecepatan, kemudahan dan keterjangkuan pada pelayanan publik di bidang Kesehatan seperti kecepatan dalam melakukan pendaftran pasien, kemudahan dalam mendaptkan informasi mengenai pelayanan Kesehatan, serta keterjangkaun dalam pelayanan Kesehatan dari segi biaya dan tempat yang mudah di dapatkan oleh pasien. Namun ada beberapa faktor yang menghambat PUSKESMAS Kasihan II dalam memberikan pelayanan Kesehatan yaitu seperti sarana dan prasarana, jaringan wifi, prosedur rujukan, dan pelatihan rutin tenaga medis PUSKESMAS Kasihan II sehingga tidak dapat menerapkan asas kecepatan, kemudahan dan keterjangkauan secara maksimal dalam pelayanan Kesehatan pada pasien.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Health, Services, PUSKESMAS |
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 03 Feb 2024 02:38 |
Last Modified: | 03 Feb 2024 02:38 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43762 |