PENGARUH ONLINE SERVICE INDEKS TERHADAP KEPUASAN LAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS: APLIKASI BANTUL PEDIA)

MOHAMAD SUKARNO (2024) PENGARUH ONLINE SERVICE INDEKS TERHADAP KEPUASAN LAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS: APLIKASI BANTUL PEDIA). S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (752kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan: Penelitian ini menganalisis kepuasan masyarakat terhadap pengguna Aplikasi Bantulpedia di Kabupaten Bantul. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan variabel dari kerangka Online Service Index (OSI) yang terdiri dari institusi kerangka kerja, penyediaan layanan, penyediaan konten, teknologi, dan partisipasi elektronik.Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan sumber data primer berupa kuesioner yang berjumlah 100 responden. Perangkat lunak SmartPLS 3 digunakan dalam melakukan analisis data untuk penelitian ini.Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kerangka kelembagaan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna Aplikasi Bantulpedia. Sedangkan variabel penyediaan layanan, penyediaan konten, teknologi, dan e-partisipasi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan aplikasi Bantulpedia pengguna.Kebaruan: Penelitian ini unik dengan menggunakan parameter OSI dengan mengkorelasikannya dengan kepuasan publik berbasis aplikasi penilaian (layanan online), yang mayoritas teori ini hanya digunakan untuk mengukur perkembangan e-Government dan berbagai aspek di dalamnya. Penelitian ini berkontribusi memberikan perspektif baru dalam penggunaan teori OSI dalam ranah layanan online (aplikasi) tidak hanya sebagai pengukuran prediktif tetapi sebagai objek penelitian yang signifikan (suatu negara). Selain itu kontribusi empirisnya adalah dengan melakukan uji kepuasan masyarakat terhadap penggunaan Aplikasi Bantulpedia. Agar nantinya juga bisa diadopsi dan memberi ruang bagi pemerintah daerah lainnya untuk mengadopsi OSI sebagai salah satu indikatornya layanan daring.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Online Service Index, Bantulpedia, Public Satisfaction
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Pemerintahan S2
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 03 Feb 2024 02:10
Last Modified: 03 Feb 2024 02:10
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43784

Actions (login required)

View Item
View Item