EVALUASI STUDI KELAYAKAN INVESTASI PENGADAAN ALAT LINEAR ACCELERATOR (LINAC) PELAYANAN RADIOTERAPI DI RS PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG

MUHAMMAD MIFTAHUDDIN (2024) EVALUASI STUDI KELAYAKAN INVESTASI PENGADAAN ALAT LINEAR ACCELERATOR (LINAC) PELAYANAN RADIOTERAPI DI RS PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (968kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAKLatar Belakang: Penyakit kanker di Indonesia merupakan salah satu penyakit yang mengakibatkan jumlah kematian yang cukup besar. Menurut data Global Burden of Cancer Study (Globocan) dari WHO, total kasus kanker di Indonesia pada 2020 mencapai 396.914 kasus dan kematian 234.511 kasus. Pelayanan radioterapi merupakan salah satu layanan yang banyak dibutuhkan untuk setidaknya mencegah progresifitas stadium kanker. Namun demikian, di Indonesia RS yang memiliki fasilitas tersebut masih sangat terbatas. Kondisi minimnya jumlah RS dengan layanan radioterapi di Jawa Tengah bagian selatan, berakibat waktu tunggu di RSUD Margono Soekarjo rata-rata sekitar 3-6 bulan. Melihat kesenjangan tersebut, RS PKU Gombong yang berstatus RS tipe B, berusaha menyelenggarakan layanan radioterapi. Untuk membangun layanan radioterapi di RS PKU Muhammadiyah Gombong, dibutuhkan banyak sumber daya, proses perijinan yang tidak mudah dan investasi yang tinggi. Sehingga diperlukan evaluasi kelayakan investasi terhadap layanan tersebut dari aspek hukum, aspek teknis, aspek keselamatan, aspek permintaan pasar, aspek manfaat, aspek sumber daya manusia dan aspek finansial.Tujuan: menganalisis dan mengevaluasi kelayakan investasi baik dari sisi hukum, aspek teknis, aspek keselamatan, aspek permintaan pasar, aspek manfaat, aspek SDM dan aspek finansial atas pembelian alat Linac yang telah dilakukan oleh RS PKU Muhammadiyah Gombong dalam rangka menyelenggarakan layanan radioterapiMetode: Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini dilakukan analisis evaluatif terhadap kelayakan pengadaan alat Linac di RS PKU Muhammadiyah GombongHasil: Investasi pengadaan alat Linac oleh RS PKU Muhammadiyah Gombong telah memenuhi syarat kelayakan pada aspek hukum dengan telah memiliki ijin kontruksi dan ijin operasional; memenuhi aspek teknis kelayakan; serta telah memenuhi aspek keselamatan sesuai standard yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Pangsa pasar masih terbuka lebar dan belum banyak RS pesaing serta jumlah pasien yang terus bertambah. Aspek kelayakan financial menunjukkan bahwa investasi tersebut dinyatakan layak, ditunjukkan dengan nilai NPV positif, nilai IRR (12%) > tingkat bunga, dan PP 6 tahun 2 bulanKesimpulan: Investasi pengadaan alat Linac oleh RS PKU Muhammadiyah Gombong telah memenuhi syarat kelayakan pada aspek hukum, teknis, keselamatan, permintaan pasar, manfaat, sumber daya manusia dan aspek finansial. Perlu upaya untuk terus melengkapi SDM dokter Subspesialis bidang onkologi serta promosi yang intensif sehingga diharapkan dapat memenuhi target sesuai perencanaan awal. Kata Kunci: Studi kelayakan, investasi, Linac, radioterapi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Feasibility study, investment, Linac, radiotherapy
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 03 Feb 2024 01:51
Last Modified: 03 Feb 2024 01:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43792

Actions (login required)

View Item
View Item