PENGARUH COST INFORMATION DAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN TERHADAP COST EFFECTIVENESS: PENGUJIAN EKSPERIMENTAL DALAM PENGEMBANGAN PRODUK BARU

NURBELA SALSABILA HERMAN (2024) PENGARUH COST INFORMATION DAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN TERHADAP COST EFFECTIVENESS: PENGUJIAN EKSPERIMENTAL DALAM PENGEMBANGAN PRODUK BARU. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (774kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tuntutan akan inovasi produk saat ini mendorong organisasi untuk mengembangkan produk baru yang memiliki kinerja optimal dan dapat bertahan dalam lingkungan bisnis dengan keunggulan kompetitifnya. Di tengah persaingan bisnis yang sengit, kemampuan perusahaan dalam mengelola biaya menjadi sangat krusial, terutama ketika terlibat dalam proses pengembangan produk baru. Penelitian yang ada telah mengamati bahwa pengaruh Jenis Cost Information telah terkonfirmasi memiliki pengaruh dalam pengembangan produk baru. Namun, ada hal lain yang perlu diperhatikan dalam melakukan inovasi yaitu Sistem Pengendalian Manajemen sebagai kontrol yang kuat untuk mengambil sebuah keputusan yang tepat sehingga menghasilkan biaya yang efektif dalam melakukan inovasi. Studi ini menguji secara eksperimental dengan 117 partisipan sebagai pengganti desainer profesional dalam pengembangkan produk baru. Hasil uji Analysis of Variance pada penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan Jenis Cost Information dan Sistem Pengendalian Manajemen terhadap Cost Effectiveness dalam pengembangan produk baru. Berdasarkan Uji Rata-rata menunjukkan bahwa Cost Effectiveness dari produk baru lebih tinggi ketika desainer difasilitasi dengan Jenis Cost Information Relatif daripada Jenis Cost Information Spesifik, selanjutnya Cost Effectiveness dari produk baru lebih tinggi ketika desainer difasilitasi dengan Sistem Pengendalian Manajemen Diagnostik daripada Sistem Pengendalian Manajemen interaktif. Hasil analisis tersebut mengakui gagasan teori kontingensi yang menyatakan bahwa tidak ada pengaruh tunggal dari beberapa aspek dalam organisasi terhadap operasi, sistem, atau struktur tertentu. Berdasarkan analisis tambahan yang dilakukan ada faktor lain yang dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Cost effectiveness dalam pengembangan produk baru yaitu interaksi antara masing-masing variabel dengan Pengalaman Desainer. Hasil Analysis of Variance terakhir ini menunjukkan bahwa pengaruh interaksi antara Jenis Cost Information, Sistem Pengendalian Manajemen memiliki pengaruh yang signifikan dalam pengembangan produk baru. Berdasarkan Uji Rata-rata menunjukkan bahwa Cost Effectiveness produk baru lebih tinggi ketika desainer difasilitasi Jenis Cost Information relative, Sistem Pengendalian Manajemen Diagnostik dan Tidak adanya Pengalaman Desainer.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Cost Information, Management Control Systems, Diagnostic, Interactive, Experience, New Product Development, Cost Effectiveness.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 01 Feb 2024 07:41
Last Modified: 01 Feb 2024 07:41
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43842

Actions (login required)

View Item
View Item