DEVIA TRI ARIYANI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI KAHOOT! TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SMA MUHAMMADIYAH KASIHAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (598kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (96kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (215kB)
Bab I.pdf
Download (258kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (236kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (264kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (525kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (112kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (81kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (279kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar Bahasa Arab siswa SMA Muhammadiyah Kasihan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif dan desain penelitian kuantitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah aplikasi Kahoot! berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Kasihan Bantul Yogyakarta, juga untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Kasihan setelah penerapan metode belajar dengan aplikasi Kahoot!. Penelitian ini dilakukan pada siswa-siswi kelas sepuluh SMA Muhammadiyah Kasihan dengan jumlah sampel sebanyak sembilan responden yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Probability Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Sederhana dengan menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian ini dibuktikan dengan Uji Hipotesis berupa Uji f yang menyatakan nilai f 7.452 dan nilai signifikan 0.029 < 0.05 yang artinya Aplikasi Kahoot! berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar siswa, serta Uji Determinasi menunjukkan nilai R2 berjumlah 0.516 maka dapat disimpulkan bahwa persentase pengaruh Aplikasi Kahoot! terhadap Motivasi Belajar siswa sebesar 51,6% maka asumsinya adalah Aplikasi Kahoot! memiliki persentase yang tergolong tinggi terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa di SMA Muhammadiyah Kasihan Bantul Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Motivation, Kahoot App!, Learning Media, Arabic |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 07:39 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 07:39 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43847 |