ELED STUDENTS' PERCEPTION ON THE USE OF TIKTOK COMPARED TO OTHER SOCIAL MEDIA AS A LEARNING MEDIUM

NURUL IZZAH AULIA (2024) ELED STUDENTS' PERCEPTION ON THE USE OF TIKTOK COMPARED TO OTHER SOCIAL MEDIA AS A LEARNING MEDIUM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (25kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)

Abstract

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan hal yang penting dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Penggunaan media sosial dapat mempermudah proses pembelajaran. Saat ini TikTok menjadi media yang lebih menarik minat siswa untuk mengembangkan kemampuan berbahasanya. Penelitian ini menyelidiki persepsi mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (ELED) terhadap perbedaan TikTok dengan media sosial lainnya sebagai media pembelajaran dan aktivitas mahasiswa ELED yang dilakukan mahasiswa pada TikTok sebagai media pembelajaran. Peneliti melakukan desain penelitian kualitatif dengan menggunakan pengumpulan, analisis, dan interpretasi data deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari wawancara terhadap enam mahasiswi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2019 di salah satu universitas Islam swasta di Yogyakarta. Temuan penelitian mengungkapkan tiga persepsi siswa ELED ketika menggunakan TikTok dan media sosial lainnya sebagai media pembelajaran. Temuannya adalah TikTok dan Twitter Memudahkan Siswa dalam Mengembangkan Keterampilan Berbahasa. Temuan kedua adalah TikTok dan Instagram membantu siswa melalui konten dan TikTok. Temuan ketiga adalah pembicaraan tentang bagaimana TikTok dan YouTube membantu siswa dalam pembelajaran bahasa. Namun aktivitas kedua Siswa ELED tersebut ditemukan dalam Pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan TikTok. Ada Membuat Video untuk Latihan Bahasa Inggris dan Menulis Caption

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: TikTok, English Language Learning, Learning Media, social media
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 01 Feb 2024 07:39
Last Modified: 01 Feb 2024 07:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43848

Actions (login required)

View Item
View Item