NURUL IZZAH AULIA (2024) ELED STUDENTS' PERCEPTION ON THE USE OF TIKTOK COMPARED TO OTHER SOCIAL MEDIA AS A LEARNING MEDIUM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (329kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (102kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (65kB)
Bab I.pdf
Download (25kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (116kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (37kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (95kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (14kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (156kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (76kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (189kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (826kB)
Abstract
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan hal yang penting dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Penggunaan media sosial dapat mempermudah proses pembelajaran. Saat ini TikTok menjadi media yang lebih menarik minat siswa untuk mengembangkan kemampuan berbahasanya. Penelitian ini menyelidiki persepsi mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (ELED) terhadap perbedaan TikTok dengan media sosial lainnya sebagai media pembelajaran dan aktivitas mahasiswa ELED yang dilakukan mahasiswa pada TikTok sebagai media pembelajaran. Peneliti melakukan desain penelitian kualitatif dengan menggunakan pengumpulan, analisis, dan interpretasi data deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari wawancara terhadap enam mahasiswi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2019 di salah satu universitas Islam swasta di Yogyakarta. Temuan penelitian mengungkapkan tiga persepsi siswa ELED ketika menggunakan TikTok dan media sosial lainnya sebagai media pembelajaran. Temuannya adalah TikTok dan Twitter Memudahkan Siswa dalam Mengembangkan Keterampilan Berbahasa. Temuan kedua adalah TikTok dan Instagram membantu siswa melalui konten dan TikTok. Temuan ketiga adalah pembicaraan tentang bagaimana TikTok dan YouTube membantu siswa dalam pembelajaran bahasa. Namun aktivitas kedua Siswa ELED tersebut ditemukan dalam Pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan TikTok. Ada Membuat Video untuk Latihan Bahasa Inggris dan Menulis Caption
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TikTok, English Language Learning, Learning Media, social media |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 07:39 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 07:39 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43848 |