MUHAMMAD RIZARDA (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN SHOPEE PAYLATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (STUDI KASUS MAHASISWA AKTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (323kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (577kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (17kB)
Bab I.pdf
Download (368kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (100kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (458kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (179kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (444kB)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (134kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (246kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (554kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Perkembangan transaksi keuangan semakin meningkat pesat, yang mulanya transaksi dilakukan menggunakan uang tunai kini sudah mulai digantikan dengan metode pembayaran non fisik (non tunai) meskipun masih dalam fase awal. Dengan adanya transisi ke ekonomi digital, kombinasi uang elektronik dan pembayaran kartu semakin meningkat. Teknologi telah berkembang dengan cepat dan mudah, memungkinkan e-commerce memanfaatkan peluang untuk memperluas basis pelanggan mereka. Paylater merupakan salah satu inovasi teknologi yang menyerupai kartu, akan tetapi dalam hal ini pembayaran yang dilakukan tidak membutuhkan kartu layaknya kartu kredit. Cicilan tanpa kartu saat ini sudah menjadi tren yang cukup menarik khususnya di kalangan milenial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penggunaan Shopee Paylater terhadap perilaku konsumtif mahasiswa aktif Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan data primer dengan jumlah responden sebanyak 400 orang dan menggunakan teknik purposive sampling untuk pengumpulan sampel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda, dengan menggunakan perangkat lunak SPSS Versi 21.0. Temuan yang didapatkan dalam penelitian ini adalah variabel gaya hidup, pengaruh sosial, dan motivasi hedonisme memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa aktif Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pengguna Shopee Paylater. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi sebesar 58,9% atau 0,589.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Commerce, Shopee Paylater, Multiple Regression Analysis |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 07:24 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 07:24 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43868 |