AI WIDEA WILANDINI (2024) THE EFFECTIVENESS OF USING ENGLISH SONGS ON YOUNG LEARNERS TO IMPROVE VOCABULARY KNOWLEDGE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (151kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (69kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (63kB)
Bab I.pdf
Download (96kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (117kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (294kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (253kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (108kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (143kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (897kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (239kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Dalam pembelajaran bahasa, media memegang peranan penting dalam mempelajari kosa kata. Peran media pembelajaran adalah untuk memudahkan pembelajaran bahasa Inggris, dan salah satu media pembelajaran adalah lagu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan lagu bahasa Inggris untuk meningkatkan pengetahuan kosakata pada pelajar muda. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan data kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di salah satu sekolah dasar Islam swasta di Yogyakarta. Penelitian ini melibatkan 18 siswa kelas III sebagai partisipan. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode pra-eksperimental dalam penelitian ini, dan data yang dikumpulkan berasal dari pretest dan posttest. Bahan ajar dan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kegiatan menyanyi, pretest, dan posttest. Analisis yang dilakukan meliputi mean, standar deviasi, dan signifikansi perbedaan (paired sample t-test). Temuan ini menunjukkan perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan lagu berbahasa Inggris. Nilai rata-rata kosakata bahasa Inggris siswa setelah perlakuan berada pada kategori baik yaitu 61,11, dan sebelum perlakuan 32,22. Pada analisis inferensial nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih tinggi dari alpha 0,05 yang berarti hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya penggunaan lagu berbahasa Inggris dapat meningkatkan penguasaan kosa kata siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | vocabulary, English song, young learners |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 05:53 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 05:53 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43888 |