PERANCANGAN CATU DAYA PADA LISTRIK ALIRAN ATAS (LAA) 6.1 LEMPUYANGAN. PT KAI (PERSERO) DAOP 6 YOGYAKARTA

ALFIANITA RATNA WIDYASTIKA (2024) PERANCANGAN CATU DAYA PADA LISTRIK ALIRAN ATAS (LAA) 6.1 LEMPUYANGAN. PT KAI (PERSERO) DAOP 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (520kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Stasiun Lempuyangan merupakan salah satu stasiun yang ada di Yogyakarta, pengaruh dari banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta menyebabkan KRL memiliki tingkat permintaan perjalanan yang tinggi dengan jangkauan waktu yang relatif singkat. Hal ini membuktikan bahwa kereta api khusunya KRL menjadi transportasi darat yang banyak diminati sehingga harus diperhatikan kebutuhan daya pada KRL. Berdasarkan data dari PT KCI (Kereta Commuter Indonesia) jumlah penumpang kereta rel listrik (KRL) setiap harinya hampir limabelas ribu hingga delapan belas ribu penumpang. Dari sekian upaya dilakukan untuk mengurangi overload penumpang, salah satunya dengan menambah jam operasional KRL. Tentu dalam menambah jam operasional KRL perlu memerhatikan kapasitas daya yang akan digunakan oleh KRL yang nantinya akan berdampak pada catu daya terutama pada kapasitas transformator dan silicon rectifier. Pada penelitian ini dilakukan perancangan catu daya yang digunakan pada gardu traksi khususnya Lempuyangan dengan mempertimbangkan headway dan kapasitas gardu yang digunakan. Headway yang direncanakan dari 30 menit, 15 menit, 10 menit, 9 menit dan 7 menit. Diperoleh kapasitas gardu saat headway 30 menit, 15 menit dan 10 menit masih mencukupi beban yang tersedia dengan presentase penggunaan daya sekitar 73persen hingga 96persen, sedangkan saat headway 9 menit dan 7 menit perlu menaikan rating trafo 4420 KVA menjadi 6000 KVA karena presentase beban yang digunakan sekitar 90persen begitu juga rectifier 4000 Kw menjadi 5000Kw.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : KRL, Rectifier, Headway, Transformator
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 31 Jan 2024 05:50
Last Modified: 31 Jan 2024 05:50
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43896

Actions (login required)

View Item
View Item