ELSHE PRAMESTI (2024) MARKETING PUBLIC RELATIONS SERULINGMAS ZOO BANJARNEGARA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG PASCA PANDEMI COVID-19 DITINJAU DENGAN STRATEGI PENCILS PADA SEPTEMBER TAHUN 2021 SAMPAI SEPTEMBER TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (792kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (276kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (190kB)
Bab I.pdf
Download (865kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (292kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (384kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (486kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (191kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (677kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pandemi Covid-19 yang mengharuskan semua tempat wisata harus ditutup dan salah satunya adalah Serulingmas Zoo. Hal ini tentunya memiliki dampak yang negatif karena Serulingmas Zoo kehilangan pemasukan secara berkala. Fokus penelitian ini adalah bagaimana Serulingmas Zoo bisa mengembalikan angka kunjungan dengan strategi PENCILS. Penelitian ini dilakukan menggunakan teori yang dipopulerkan oleh Rosady Ruslan yakni strategi PENCILS yang diantaranya adalah Publication, Event, News, Community Involvement, Inform or Image, Lobbying and Negotiation, dan Social Responsibility. Kegiatan yang dilakukan oleh Serulingmas adalah sebagai berikut, pada aspek publikasi serulingmas melakukan publikasi di Instagram dan Website, pada aspek event Serulingmas melakukan sebanyak enam acara diantaranya adalah konser musik, lomba-lomba, HUT Serulingmas, dan gathering komunitas. Kegiatan di aspek news mereka merilis berita sebanyak tujuh belas kali, lalu aspek community involvement mereka melakukan aksi bersama komunitas yakni pembagian vaksin gratis bagi hewan peliharaan masyarakat Banjarnegara, lalu di aspek inform or image mereka rutin membuat konten-konten di sosial media. Aspek lobbying and negotiation mereka melakukan negosiasi dengan pihak luar seperti Bank Jateng, komunitas pecinta hewan, persatuan guru TK, dan dinas Pendidikan. Sedangkan untuk aspek Social Responsibility, peneliti menemukan bahwa Setulingmas tidak melakukan kegiatan pada aspek ini karena hambatan biaya internal. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dengan tiga staf humas Serulingmas Zoo dan tiga orang pengunjung, dan data lainnya adalah berupa dokumen seperti LPJ dan arsip kegiatan. Penelitian ini menghasilkan bahwa Serulingmas Zoo melakukan semua program-program kerja di setiap aspek strategi PENCILS kecuali aspek Social Responsibility sedangkan Aspek Event adalah aspek yang menghasilkan angka kunjungan terbanyak diantara aspek yang lain.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi PENCILS, Marketing Public Relations, Serulingmas Zoo Banjarnegara |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 07:40 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 07:40 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43920 |