METODE PEMBELAJARAN ISLAMI: ANALISIS PENGUATAN ASPEK PSIKOLOGI TERHADAP DOWN SYNDROME

LUTFIADJI AGUNG HIDAYAT (2024) METODE PEMBELAJARAN ISLAMI: ANALISIS PENGUATAN ASPEK PSIKOLOGI TERHADAP DOWN SYNDROME. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)

Abstract

Penelitian saat ini sangat penting untuk mendorong pendidikan Islam inklusif bagi anak-anak dengan Down Syndrome serta mengatasi kesejahteraan psikologis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki berbagai metode pendidikan Islam yang sesuai untuk anak-anak dengan Down Syndrome sambil menekankan pentingnya pendidik menggunakan strategi pengajaran Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode Systematic Literature Review (SLR) untuk mengevaluasi perpotongan metode pembelajaran Islam dan Down Syndrome. Makalah yang dibahas dalam penelitian ini diperoleh menggunakan perangkat lunak Publish or Perish 8. Makalah-makalah harus diterbitkan dalam rentang waktu lima tahun antara 2018 dan 2023 dengan kata kunci "Metode Pembelajaran Islam" dan "Down Syndrome." Pencarian makalah menghasilkan penemuan 222 artikel yang membahas metode Islam, dan hanya 16 di antaranya khusus untuk Down Syndrome, dengan hanya empat di antaranya membahas penerapan metode pengajaran Islam untuk individu dengan Down Syndrome. Temuan penelitian ini menyoroti strategi pengajaran seperti On-Task Conduct, Imitation, Discriminative Usage of Objects, dan Word Recognition. Penelitian ini mengidentifikasi tiga strategi pembelajaran utama untuk siswa dengan Down Syndrome: Talaqqi wa Musyafahah, terapi Quran, dan Islamic Full Communication. Penelitian ini menyimpulkan kebutuhan untuk penelitian lebih lanjut tentang pendekatan pendidikan yang dimodifikasi yang efektif mendukung pembelajaran dan kesejahteraan anak-anak dengan Down Syndrome dalam konteks pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Down Syndrome, Islamic Learning Methods, Psychology
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 23 Jan 2024 04:05
Last Modified: 23 Jan 2024 04:05
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43951

Actions (login required)

View Item
View Item