EFEKTIVITAS DAYA ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN BINAHONG (ANREDERA CORDIFOLIA (TEN.) STEENIS) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI ENTEROCOCCUS FAECALIS (SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN IRIGASI SALURAN AKAR)

LARASTIKA ANGGRAINI APRILIAN PUTRI (2015) EFEKTIVITAS DAYA ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN BINAHONG (ANREDERA CORDIFOLIA (TEN.) STEENIS) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI ENTEROCOCCUS FAECALIS (SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN IRIGASI SALURAN AKAR). S1 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
INTISARI.pdf

Download (919kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB. I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Karies merupakan penyakit rongga mulut yang dapat mcluas dari email ke dentin kemudian berlanjut hingga ke pulpa. Karies hingga ke pulpa perlu dilakukan perawatan saluran akar. Kegagalan perawatan saluran akar sering disebabkan karena kesalahan pada tahap pembeNihan saluran akar yaitu tahap irigasi. Enterococcus faecalis merupakan bakteri penycbab 80-90% infeksi pada saluran akar dan 63% kegagalan perawatan saluran akar yang mengalami infeksi ulang. Tanaman herbal relatif lebih aman digunakan sebagai bahan irigasi karena sifat toksisitasnya yang rendah. Daun hinahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) mengandung flavonoid, polifenol, saponin, alkaloid dan minyak atsiri yang dapat berfungsi sebagai daya antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas daya antibakteri ekstrak daun binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) terhadap pertumbuhan bakteri Enterococcus jaecalis. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu cksperimental laboratoris murni (in vitro) dengan metode difusi sumuran pada media TSA. Media TSA diolesi bakteri Enterococcus faecalis kemudian ditetcsi dengan sodium hipoklorit sebagai kontrol positif, aquades steril sebagai kontrol negatif, ekstrak daun binahong konsentrasi 25%, 50% dan 75%. Analisa hipotesis menggunakan uji Kruskal-Walis dan uji Mann-Whitney. Hasil uji Kruskal-Walis menunjukkan ekstrak daun binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) memiliki daya antibakteri terhadap pertumbuhan bakteri Enterococcus faecalls. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan tidak ada perbedaa9te efektivitas antara kelompok kontrol positif dan kelornpok ekstrak binahonwtt( dengan konsentrasi 25%, 50% dan 75% (sig.>0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Binahong leaf (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis), Enterococcus faecalis, sodium hypochlorite
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:24
Last Modified: 24 Jan 2024 02:24
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43968

Actions (login required)

View Item
View Item