KOREAN HALAL FOOD GASTRODIPLOMACY TOWARD INDONESIA

NABILA PARWI (2024) KOREAN HALAL FOOD GASTRODIPLOMACY TOWARD INDONESIA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (847kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemerintah Korea Selatan dalam mempromosikan Korean Halal Food di Indonesia dengan melakukan adaptasi budaya dan ekonomi yang bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Emirates Authority for Standardization and Metrology (ESMA) sebagai jaminan produk tersebut dapat dikonsumsi oleh masyarakat. Islam di Indonesia, melakukan standarisasi produk dan penyesuaian teknis sebelum didistribusikan serta menciptakan beberapa alternatif pasar agar produk Korea dapat diterima di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitis dengan menggunakan data primer dan sekunder dengan pendekatan kualitatif untuk menjelaskan permasalahan berdasarkan fakta. Untuk menjelaskan strategi Korea Selatan dalam mempromosikan makanan halal Korea di Indonesia, digunakan konsep diplomasi publik untuk menjelaskan secara rinci. Strategi Pemerintah Korea Selatan dalam memperluas pasar Indonesia dapat dikatakan hampir berhasil membuat konsumen muslim mengkonsumsi produk makanan halal Korea karena kurangnya pemasaran, sosialisasi dan sedikitnya produk Korea yang memiliki sertifikat halal sehingga konsumen muslim tidak dapat mengkonsumsinya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: South Korea Strategy, Halal Market, Korean Halal Food, Public Diplomacy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 03 Feb 2024 07:07
Last Modified: 03 Feb 2024 07:07
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43989

Actions (login required)

View Item
View Item