LAELA WULIDA IMROATUS SOLIKHA (2024) PENGENALAN KONSEP MESIN BELAJAR UNTUK SISWA SD DAN SMP. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (326kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (236kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (147kB)
Bab I.pdf
Download (175kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (298kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (211kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (145kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (191kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (828kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Kecerdasan buatan (AI) telah mengalami perkembangan yang cepat, terutama dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu cabang AI yang muncul adalah machine learning (ML), di mana mesin dapat belajar sendiri tanpa bimbingan manusia. Di era saat ini, teknologi telah menjadi kebutuhan masyarakat dari berbagai usia, termasuk anak-anak. Machine learning memiliki potensi untuk membantu anak-anak memperbaiki kemampuan pemecahan masalah mereka dan memahami cara mengumpulkan, memeriksa, dan menganalisis data, yang semakin penting di dunia yang bergantung pada data. Modul Pengenalan Konsep Machine Learning adalah salah satu bentuk implementasi dari machine learning yang bertujuan mengenalkan konsep machine learning kepada pengguna melalui penentuan batas antara wilayah-wilayah tertentu. Modul ini dibuat dengan bahasa pemrograman JavaScript menggunakan library Ml5.js dan P5.js. Penelitian ini dilakukan melalui eksperimen dengan partisipasi siswa sekolah dasar dan menengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ini memiliki usability yang baik, meningkatkan pemahaman tentang konsep machine learning, dan berkualitas baik. Dengan demikian, modul ini dapat dianggap berhasil memenuhi spesifikasinya, dan merupakan alat yang efektif untuk memperkenalkan konsep machine learning serta untuk mengajarkan bagaimana data dikumpulkan, diproses, dan digunakan untuk membuat prediksi wilayah antar wilayah. Anak-anak yang menggunakannya dapat lebih memahami bahwa mesin atau komputer perlu belajar sebelum melakukan prediksi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Artificial Intelligence (AI), Machine Learning (ML), Data collection, analysis and Processing, Usability |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 03 Feb 2024 07:07 |
Last Modified: | 03 Feb 2024 07:07 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/43991 |