INDOFOOD: A BRIDGE TO IMPROVE INDONESIA-TÜRKIYE RELATIONS

NABILA HASNA ADAWIYAH (2024) INDOFOOD: A BRIDGE TO IMPROVE INDONESIA-TÜRKIYE RELATIONS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Setelah keterlibatan Turki dalam bantuan di Aceh, Turki dan Indonesia membangun kembali hubungan mereka terutama di sektor ekonomi. PT Indofood Sukses Makmur Tbk, sebagai perusahaan multinasional (MNC) melihat ada peluang di Türkiye dan memutuskan membuka cabang di negara itu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana partisipasi PT Indofood dalam meningkatkan peluang bagi Indonesia untuk meningkatkan hubungannya dengan Türkiye. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif berdasarkan studi pustaka. Dalam penelitian ini, diperoleh hasil bahwa PT Indofood sebagai aktor transnasional memiliki dampak sebagai alat yang digunakan oleh pemerintah Indonesia untuk mempromosikan agendanya. Dalam hal ini, PT Indofood dibuat sebagai penghubung masyarakat Türkiye, makanan halal, dan membuka kesempatan bagi perusahaan dari negara asal untuk membuka cabang di negara yang sama. Pada saat yang sama kehadiran PT. Indofood menjadi sumber bagi pemerintah Indonesia untuk menentukan langkah atau kebijakan apa yang harus diambil seperti dalam Indonesia-Türkiye Comprehensive Economic Partnership Agreement (IT-CEPA).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bilateral Relation, Indofood, Indomie, IT-CEPA, Transnational
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 03 Feb 2024 03:32
Last Modified: 03 Feb 2024 03:32
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44039

Actions (login required)

View Item
View Item