YURIKA ASTIKASARI (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SWITCHING BEHAVIOR PENGGUNAAN ALAT PEMBAYARAN DOMPET DIGITAL DENGAN PENDEKATAN PUSH, PULL, DAN MOORING FACTORS (STUDI KASUS: DOMPET DIGITAL GOPAY). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (798kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (86kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (186kB)
Bab I.pdf
Download (368kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (486kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (262kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (355kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (718kB)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (201kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (192kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (384kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (378kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini membawa perubahan signifikan dalam kehidupan masyarakat, termasuk munculnya inovasi di Indonesia seperti industri financial technology (fintech). Fintech terobosan dari perkembangan teknologi, telah menjadi kebutuhan hidup baru di Indonesia. Terbukti mampu meningkatkan standar hidup masyarakat melalui pengembangan startup, terutama dalam pembayaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perubahan perilaku konsumen dari pembayaran tunai ke layanan pembayaran digital dengan menggunakan kerangka kerja Push-Pull-Mooring (PPM), dengan studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini mengambil data primer dari 359 responden melalui kuesioner terstruktur. Perilaku beralih dievaluasi menggunakan pendekatan push-pull-mooring. Analisis dilakukan dengan menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) pada aplikasi SmartPLS 4. Hasil analisis menunjukkan bahwa Push Effect (Penetapan Harga dan Kepuasan Pelanggan) dan Pull Effect (Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Keuntungan Relatif) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku beralih (switching behavior). Sementara itu, Mooring Effects (Reputasi dan Biaya Beralih) memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku beralih (switching behavior).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Financial Technology, Digital Payments, PLS-SEM, Push-Pull-Mooring, Switching Behavior |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 09:19 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 09:19 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44082 |