YURIKA ASTIKASARI (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SWITCHING BEHAVIOR PENGGUNAAN ALAT PEMBAYARAN DOMPET DIGITAL DENGAN PENDEKATAN PUSH, PULL, DAN MOORING FACTORS (STUDI KASUS: DOMPET DIGITAL GOPAY). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (798kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (368kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (718kB) |
![]() |
Text (Bab VI)
Bab VI.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini membawa perubahan signifikan dalam kehidupan masyarakat, termasuk munculnya inovasi di Indonesia seperti industri financial technology (fintech). Fintech terobosan dari perkembangan teknologi, telah menjadi kebutuhan hidup baru di Indonesia. Terbukti mampu meningkatkan standar hidup masyarakat melalui pengembangan startup, terutama dalam pembayaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perubahan perilaku konsumen dari pembayaran tunai ke layanan pembayaran digital dengan menggunakan kerangka kerja Push-Pull-Mooring (PPM), dengan studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini mengambil data primer dari 359 responden melalui kuesioner terstruktur. Perilaku beralih dievaluasi menggunakan pendekatan push-pull-mooring. Analisis dilakukan dengan menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) pada aplikasi SmartPLS 4. Hasil analisis menunjukkan bahwa Push Effect (Penetapan Harga dan Kepuasan Pelanggan) dan Pull Effect (Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Keuntungan Relatif) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku beralih (switching behavior). Sementara itu, Mooring Effects (Reputasi dan Biaya Beralih) memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku beralih (switching behavior).
Dosen Pembimbing: | Dimas Bagus Wiranatakusuma, Dr., S.E., M.Ec., CRP | NIDN0516108502 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Financial Technology, Digital Payments, PLS-SEM, Push-Pull-Mooring, Switching Behavior |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ekonomi |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 09:19 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 09:19 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44082 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |