MUHAMMAD AIDIL (2024) PERANCANGAN BODI DAN RANGKA MOBIL LISTRIK PROTOTYPEUNTUK KMHE 2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (702kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (351kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (207kB)
Bab I.pdf
Download (204kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (881kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (721kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (159kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (159kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (833kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Persediaan bahan bakar sebagai sumber energi terus berkurang, dan meningkatnya kebutuhan energi memerlukan solusi inovatif. Fenomena ini menjadi tantangan global, termasuk di Indonesia. Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) muncul sebagai platform tahunan untuk menginspirasi mahasiswa mengeksplorasi kreativitas dan inovasi di sektor teknologi kendaraan hemat energi. Kategori prototype kelas motor listrik dalam KMHE menjadi langkah signifikan. Perancangan ini bertujuan untuk mencapai efektivitas analisis aerodinamika, merancang rangka yang sesuai dengan hasil stress analysis,assembly sistem steering dan sistem pengereman.Metodologi perancangan kendaraan hemat energi ini mencakup studi literatur, konseptualisasi dengan perhitungan dan desain, serta analisis dan simulasi menggunakan perangkat lunak Autodesk Fusion 360, Ansys 2023 R2, dan Autodesk Inventor 2021. Selama proses perancangan, penelitian difokuskan pada parameter seperti drag force dan coefficient of drag pada bodi, serta von mises stress, displacement, dan safety factor pada rangka. Sistem kemudi dievaluasi melalui analisis sudut rata-rata steering minimum, sudut roda depan, dan sudut rata-rata steering, sedangkan sistem pengereman dinilai berdasarkan waktu pengereman, jarak pengereman, dan gaya gesek. Pendekatan ini bertujuan untuk memastikan kinerja optimal dan memenuhi standar keselamatan dalam persiapan untuk KMHE 2023.Hasil analisis aerodinamika menunjukkan drag force sebesar 0,8427 N dan coefficient of drag sebesar 0,0731. Evaluasi rangka menghasilkan von mises stress sebesar 45,17 MPa, displacement 1,834 mm, dan safety factor 6,09 hingga 15. Roll bar memberikan von mises stress sebesar 61,67 MPa, displacement 2,337 mm, dan safety factor 4,46 hingga 15. Sistem kemudi menghasilkan sudut rata-rata steering minimum (
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KMHE, prototype, stress analysis, electric car |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 03:38 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 03:38 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44148 |